LIMA DESA Wisata Banjarmasin Masuk ADWI 2022

LIMA DESA Wisata Banjarmasin Masuk ADWI 2022

SuarIndonesia – Lima Desa Wisata atau yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kota Banjarmasin dinyatakan masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

5 desa wisata itu adalah Pokdarwis Kubah Basirih, Pokdarwis Kuin Samudera Kampung Kuin, Pokdarwis Karindangan Kampung Arab, Pokdarwis Selanjung Kampung Sungai Biuku, dan Pokdarwis Kampung Banjar Sungai Jingah.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina turut berbangga hati dan mengucapkan selamat kepada pokdarwis yang masuk 500 besar ajang ADWI 2022.

“Selamat dan sukses untuk 5 Desa Wisata/Pokdarwis di Kota Banjarmasin,” ungkap Ibnu, Rabu (20/04/2022).

Ibnu mengatakan, hal ini tentunya sangat membanggakan Kota Seribu Sungai. Karena upaya Pemko Banjarmasin dengan menciptakan 10 destinasi wisata baru sejak 2018, akhirnya bisa masuk nominasi.

“Dan tentunya ini bisa menambah semangat kawan-kawan pokdarwis untuk lebih gigih lagi mengelola kawasan tersebut. Karena setelah diumumkan pasti akan menjadi perhatian,” ungkapnya.

Karena itu, orang nomor satu di Kota Baiman itu pun berharap, agar Pokdarwis lebih mengutamakan aspek budaya dan aspek kearifan lokal seperti budaya sungai dan budaya Banjarnya untuk tetap dipertahankan.

“Supaya ke depan bisa bersaing dengan desa wisata yang bagus seperti di Jawa dan Bali,” pungkasnya.

Baca Juga :

TUNGGU SK, Makam Sultan Suriansyah akan Masuk UPT Kawasan Wisata

Di samping itu, tak hanya Kota Banjarmasin, di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) juga terdapat 2 desa wisata lainnya yang masuk 500 besar penganugerahan yang diberikan langsung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia itu.

Yakni dari Kabupaten Kotabaru ada desa wisata Tegalrejo dan dari Kabupaten Tanah Bumbu yakni Desa Wisata Agro Technopark

Diketahui, ADWI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Kemenparekraf dalam rangka mewujudkan desa wisata berkelas dunia dan berdaya saing global dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

Desa Wisata yang mendaftar akan dinilai oleh dewan juri berdasarkan 7 kategori klasifikasi.

Nantinya, Desa Wisata yang masuk 50 besar akan diberikan reward dan dikunjungi langsung oleh Menteri Sandiaga Uno.

Dalam siaran persnya, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Uno memaparkan setidaknya ada 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia.

Angka tersebut tentunya hampir nik drastis dari 2021 yang hanya sebanyak 1831 desa wisata.

“Hal ini merupakan apreasiasi dan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat Indonesia,” ujar Sandi di video Instagram Anugerah Desa Wisata Indonesia. (SU)

 172 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!