KALSEL Tuan Rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022

SuarIndonesia – Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Juli 2022, yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selaku Campaign Manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

GBBI Juli 2022 yang berthema “Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan” dan digelar pada 22-24 Juli 2022 di Taman Siring 0 KM, Banjarmasin akan diikuti para ratusan UKM yang sudah berhasil menembus pasaran manca daerah dan mancanegara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Subarkah, didampingi Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Erwin Dwiyana, dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rusdi Hartono, Iman Subarkah mengatakan GBBI adalah Gerakan Nasional bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa dari UMKM lokal, demi mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional, melalui penguatan UMKM.

“Target dicapai dengan digelar GBBI, peningkatan jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif yang masuk dalam ekosistem digital, peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal, peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal serta keempat stimulus ekonomi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/Industri Kecil dan Menengah termasuk Pelaku Ekonomi Kreatif Gernas BBI sesuai peraturan perundang-undangan,” ucap Imam Subarkah, kepada awak media, Rabu (20/7/2022).

Ia memastikan, untuk mencapai target GBBI Kalsel Juli 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan telah menggelar kegiatan pengembangan UMKM Unggulan Kalimantan Selatan.

KALSEL Tuan Rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 (2)

Bahkan, katanya, BI bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan dan Dewan Kurator, dan 500 UMKM Unggulan Kalimantan Selatan yang telah menghasilkan 65 UMKM lolos kurasi untuk dilakukan pendampingan di tahun 2022, termasuk perluasan akses pasar ke Jepang melalui kegiatan Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor (PAMOR BORNEO) pada Bulan Agustus 2022 di Jepang.

Beberapa dukungan yang diberikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan dalam penyelenggaraan kegiatan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan”. Pameran UMKM yang akan menampilkan beragam produk UMKM Unggulan Kalimantan Selatan di bidang fesyen & aksesoris, home decoration, dan makanan & minuman yang telah terkurasi.

Investor Gathering akan dibungkus dalam kegiatan bincang santai di tanggal 22 Juli 2022. Kegiatan yang dinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan didukung oleh KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan ini akan mengundang Pejabat di tingkat Kementerian, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Bank Indonesia serta pelaku usaha potensial investor di Kalimantan Selatan untuk membahas mengenai potensi investasi di Kalimantan Selatan, khususnya dalam kaitannya dengan upaya pengembangan UMKM.

Selain dimeriahkan berbagai artis ibukota juga Karnaval Perahu Hias yang akan menyusuri sungai Martapura dan menjadi latar belakang lokasi opening ceremony serta pojok Kopi yang menyajikan berbagai specialty coffee khas Kalimantan Selatan, serta berbagai atraksi dan hiburan lainnya.

Adapun beberapa kegiatan paska penyelenggaraan kegiatan GBBI “Warna Warni Kalimantan Selatan”, pendampingan peningkatan kualitas produk UMKM unggulan Kalimantan Selatan dan mendorong terciptanya industri fashion berbasis UMKM di Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan berbagai pihak fashion designer dan top brand nasional.(SU)

 130 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!