ID DIGITAL Diuji Coba terhadap ASN Disdukcapil Banjarmasin

SuarIndonesia – Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin tengah melakukan uji coba Aplikasi Administrasi Kependudukan Digital atau ID Digital.

Di Kota Banjarmasin sendiri, uji cobanya baru sebatas di kalangan pegawai di kantor Disdukcapil Banjarmasin.

Seperti diketahui, program itu dicetuskan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) pada beberapa waktu lalu. Dan sejumlah kota ditunjuk sebagai lokasi uji coba, salah satunya Banjarmasin.

Lantas, bagaimana hasilnya?

Terkait hal itu, Kepala Disdukcapil Banjarmasin, Yusna Irawan mengatakan, uji coba berjalan dengan lancar. Dan sudah berjalan selama sebulan.

“Kini, kami masih menunggu informasi atau arahan selanjutnya dari Dirjen Dukcapil, untuk diterapkan ke seluruh masyarakat atau warga,” jelasnya.

Baca Juga :

UBAH Setting ADM Bakal Dilakukan Disdukcapil Lantaran Tak Optimal Cetak KTP

Ia menjelaskan, akses aplikasi ID Digital hampir mirip seperti aplikasi Peduli Lindungi. Pasalnya, seluruh rekam data, baik itu KTP, serta administrasi kependudukan lainnya sudah masuk dalam satu aplikasi tersebut.

“Tujuannya sendiri agar semua data terpusat. Semua data itu ada di dalam aplikasi dan dalam satu aplikasi. Ketika kita perlu, semuanya ada di situ,” jelasnya.

Disinggung mengenai kapan diperkirakan ID Digital itu diterapkan atau bisa diakses seluruh masyarakat, Yusna mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu informasi dari Dirjen Dukcapil.

Bukan tanpa alasan, ia menuturkan, hal tersebut dikarenakan untuk mengakses aplikasi tidak hanya sekadar mengunduh aplikasinya saja di gawai berbasis android. Tapi, juga mesti mempunyai PIN yang berasal dari pihak Dirjen Dukcapil.

“Itu yang juga masih kami tunggu. Kemudian, di dalam aplikasi ini baru memuat data KTP, Kartu Keluarga, NPWP. Mungkin yang lainnya akan menyusul dimasukan. Utamanya, data yang terintegrasi dengan data kementerian,” jelasnya.

Kendati demikian, Yusna kembali menekankan bahwa selama uji coba sebulan ini, aplikasi yang digunakan berjalan dengan lancar. (SU)

 120 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!