DISERAHKAN DIPA Tahun 2023 untuk Kementerian dan Lembaga di Kalsel

SuarIndonesia – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) kepada kementerian dan lembaga penerima, di Gedung KH Idham Chalid, Rabu (7/12/2022).

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Sulaimansyah menuturkan, tahun 2023 DIPA Kalsel alami kenaikan Rp 2,67 triliun jika dibandingkan tahun sebelumnya yang terdiri dari DIPA Kementerian/Lembaga sebesar Rp 8,12 triliun serta Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp 23,26 triliun.
“Jadi ada kenaikan sebesar 14 persen,” ucapnya.

Adapun untuk alokasi APBN Provinsi Kalimatan Selatan tahun 2023 tumbuh sebesar 9,28 persen dibandingkan dengan alokasi tahun 2022 dan untuk alokasi TKD 2023 pada seluruh Pemerintah Daerah mengalami kenaikan signifikan.

“Kenaikan tertinggi tersebut berada di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sahbirin atau Paman Birin mengatakan sesuai amanah pemerintah pusat dibagikan keseluruh instansi vertikal dan juga kabupaten kota se kalsel DIPA dan TKDD untuk segera dijadikan panduan dan pada saatnya dapat segera dilaksanakan langkah optimalisasi penyerapan anggaran 2023.

“Segera lakukan langkah-langkah optimalisasi penyerapan anggaran di tahun 2023 nanti. sesuaikan pelaksanaan kegiatan dengan rencana penarikan dana yang telah disusun.

Selanjutnya tidak lupa, selain bekerja dengan cepat dan responsif, tetap kedepankan aspek akuntabilitas dan transparansi.

penggunaan anggaran harus tetap dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.(RW)

 432 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!