DIMINTA Waspada Terhadap Ancaman Banjir di Kalsel

Bagikan :
DIMINTA Waspada Terhadap Ancaman Banjir di Kalsel

SuarIndonesia – Masyarakat Kalsel diminta terap waspada terhadap ancaman bencana banjir. Berdasarkan data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk update 26 Januari , 6 daerah di Kalsel berpotensi banjir, yaittu Tapin, HSS, HST, HSU, Batola, dan Banjar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Mujiyat, memberikan imbauan kepada masyarakat Kalimantan Selatan untuk lebih mengenal kondisi alam dan lingkungan.

“Kita sampaikan kepada warga agar tetap waspada, tetap memperhatikan gejala alam yang kemungkinan terjadinya bencana,” ujar Mujiyat, baru-baru tadi.

Berbagai langkah dilakukan untuk mengedukasi masyarakat. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan atau meminimalisir dari dampak kebencanaan.

Sosialisasi tatap muka dilakukan dengan mendatangi langsung daerah yang memiliki potensi terjadinya bencana.

“Misalkan warga yang tinggal di pesisir aliran sungai, kita sampaikan jika terjadi hujan lebat kemudian melihat ada peningkatan ketinggian air sungai agar bersegera mencari lokasi yang lebih tinggi,” tambahnya.

Sementara untuk penyebaran informasi pencegahan tersebut juga dilakukan dengan memanfaatkan media-media lainnya seperti media sosial, media cetak berupa pamflet, brosur, poster, dan bahkan videotron.(RW)

 315 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.