DIGITILISASI UMKM Salah Satu Pencegahan Korupsi, Menko Marves Buka Gernas BBI

SuarIndonesia – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan hadir langsung sekaligus membuka serimoni Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Taman Siring 0 KM Banjarmasin, Jumat (22/07/2022) siang.

Kehadiran Luhut sendiri tidak lain karena dirinya lah yang menjadi komandan dari gerakan Gernas BBI yang diselenggarakan di Kota Banjarmasin mulai 22 sampai dengan 24 Juli mendatang.

Acara Gernas BBI diikuti oleh 600 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjual berbagai macam barang dan kuliner.

Namun, di sisi meriahnya kegiatan itu, Menko Luhut meminta kepada seluruh pemerintah daerah di Kalsel agar segera merampungkan upaya digitalisasi bagi pelaku UMKM.

“Bagi bupati dan wali kota, khususnya lima daerah yang UMKM nya belum masuk ke dalam e-katalog, saya minta agar sesegeranya dimasukan,” ucapnya dalam sambutan pembukaan Gernas BBI di Siring Nol KM, Banjarmasin, Jumat (22/07/2022) sore.

Bukan tanpa alasan instruksi itu dikeluarkan, Menko Luhut menilai, program digitalisasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi resiko terjadinya korupsi.

“Karena dengan e katalog anda tidak perlu tender untuk mempromosikan jualannya, sehingga sudah jelas itu akan mengurangi peluang untuk korupsi, dan yang pasti menciptakan lapangan kerja dan penghematan anggaran,” ujarnya.

Pasalnya, berdasarkan data yang ia terima keberadaan e-katalog ini mampu menghemat 20 sampai 25 persen anggaran pemerintah daerah.

Keuntungan kedua dari e-katalog ini adalah lahirnya lapangan kerja baru. Berdasarkan survei BPS, jika tingkat pembelian melalui e katalog mencapai Rp400 T, maka dua juta lapangan kerja dan akan terbentuk.

DIGITILISASI UMKM Salah Satu Pencegahan Korupsi, Menko Marves Buka Gernas BBI (2)

“Dan hal ini pastinya berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi kita sebanyak 1,7 persen. Ini angka yang sangat besar” imbuhnya.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk terus memajukan UMKM dengan terus menanamkan Gernas Bangga Buatan Indonesia.

Ia mengakui, bahwasanya sektor UMKM merupakan salah satu solusi yang mampu menjadi penguatan ekonomi dalam negeri.

“Namun saya titip sedikit pesan, UMKM jangan hanya terpaku pada makanan atau kuliner saja, karena semua potensi di sekeliling kita bisa dijadikan usaha,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari dukungan sinergi Pemprov kalsel, pemerintah pusat, BI dan instansi lainnya dalam mendukung pengembangan UMKM guna pemulihan ekonomi di kalsel.

Benar saja, menurut gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu, saat ini tingkat ekonomi kalsel terus tumbuh positif sebesar 3,49%.

“Melihat tren positif ini, tentunya kami pemprov kalsel akan terus berupaya menjaga kinerja agar tidak mengalami penurunan,” ujarnya.

Menurutnya geliat perekonomian Kalsel tidak lepas dari aktivitas UMKM yang terus gencar menjual produk lokalnya.

Baca Juga :

KALSEL Tuan Rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022

“Kita harus bangga menggunakan produk lokal, kita berharap kegiatan ini mampu membangun motivasi pelaku UMKM dengan memanfaatkan peluang dan potensi yang ada untuk memiliki daya saing yang bagus dan berkontribusi secara optimal pada pertumbuhan ekonomi,” tuntas Paman Birin.

Sebelumnya, kepala Kantor Wilayah, Kepala Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Imam Subarkah dalam acara tersebut ada 600 pegiat Usaha mikro kecil dan menengah 13 Kabupaten dan Kota yang ikut dalam pameran.

Acara itu ditarget dapat peningkatan jumlah Usaha mikro, kecil, dan Menengah industri Kecil dan menengah termasuk pelaku ekonomi kreatif yang masuk dalam ekosistem digital.

“Selain itu peningkatan jumlah penjualan atau transaksi pembelian produk lokal dan peningkatan daya beli masyarakat, perluasan pasar, akses permodalan, pelatihan, pendataan, dan percepatan siklus ekonomi lokal melalui belanja produk lokal,” kata Imam.

Ia juga targetkan acara tersebut dapat menambah stimulus ekonomi untuk usaha mikro kecil dan menengah, industri Kecil dan Menengah termasuk pelaku ekonomi kreatif Gernas BBI sesuai dengan ketentuan peraturan

Adanya acara itu juga mendapat restu dan dukungan Pemerintah Kalimantan Selatan. Gubernur Kalsel yang diwakilkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Rusdi Hartanto, pada kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia terlebih dengan tema ‘Jelajahi Warna Warni Kalimantan Selatan’.

“Jadi ini sebagai program untuk mempercepat pemulihan ekonomi juga sebagai bentuk mencintai produk dalam negeri khususnya di Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Adapun dalam rangkaian kegiatan GBBI juga banyak kegiatan lain seperti Fashion Show “Warna Warni Kalimantan Selatan”, Prosesi Peluncuran GBBI, Karnaval Perahu Hias, Pameran Online, Lelang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Pojok Kopi (Gathering Investor), serta Hiburan dari Artis Nasional yaitu Fathur (Ex-Java Jive) 22 Juli 2022, Republik Band 23 Juli 2022, dan Aria Dinata (Ex-Vokalis Samson) 24 Juli 2022. (SU)

 253 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!