WAH! 1.250 Tumbler Langsung Ludes Ditukar 1 Ton Sampah

WAH! 1.250 Tumbler Langsung Ludes Ditukar 1 Ton Sampah

Suarindonesia – Upaya pengurangan sampah plastik terus dilakukan. Pemko Banjarmasin, Minggu (3/2/2019) mendorong masyarakat dengan membuka penukaran sampah plastik dengan tumbler di Patung Bekatan hingga Siring Menara Pandang disambut antusias ribuan warga Banjarmasin, Minggu pagi (3/2).

Panitia yang menyediakan seribu lebih tumbler yang dibagikan dalam hitungan menit ludes diserbu warga dari berbagai golongan. Malah penukaran sampah ini juga ada yang dihadiri warga dari daerah Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Padahal penukaran tumpler sebenarnya diperuntukkan bagi warga Banjarmasin.

Apalagi pengumpulan sampah di Lokasi Patung Bekatan dan penukaran tumbler di Manara Pandang, sehingga membuat banyak warga memanfaatkan momen tersebut.

Hatimah warga Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar mengaku ingun mendapatkan tumbler gratis hanya dari beberapa sampah botol. Ia berangkat dari Aluh-Aluh di waktu subuh dan sampai di Banjarmasin sekitar pukul 08.00 WITA.

“Sebenarnya saya datang terlambat, tapi saat saya jelaskan kepada panitia bahwa saya datang dari Aluh-Aluh, Alhamdulillah panitia membolehkan menukar meski tanpa kupon,” katanya.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mengaku takjub acara ‘seribu tumbler’ diantusiasi warga Banjarmasin hingga daerah tetangga.

“Kalau begini, ke depan penukaran sampah jadi tumbler akan kita laksanakan kemudian waktu lagi. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat yang telah berantusias,” katanya.

Ibnu melanjutkan, penukaran sampah ke tumbler merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. dan ini juga nyambi mengajak warga terbiasa hidup sehat, menjaga lingkungannya sendiri tanpa plastik.

“Kita tahu plastik adalah sampah yang sulit terurai, apabila sampah ini tidak ditekan maka akan berdampak buruk bagi bumi kita. Maka dari itu, kegiatan ini perlu sinergi masyarakat agar bersama-sama lagi membiasakan tanpa plastik,” katanya.

“Selain tumbler, membawa bakul pengganti kantongan plastik juga cara lainnya untuk menekan peredaran sampah plastik,” bebernya.

Sementara Direktur Bank Sampah Fathuraman mengatakan, dalam acara sedikitnya telah menghabiskan 1.250 tumbler. Itu, menurutnya masih kurang dilihat saking besarnya antusias warga.

Dari hasil penukaran sampah itu, pihaknya telah mengumpulkan sampah botol plastik dengan jumlah hampir 1 ton.
“Sampah tersebut kemudian kami jual, dan uangnya kita serahkan untuk sosial,” katanya.(SU)

 233 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: