TABUR BUNGA di Makam Pangeran Antasari, Peringati Wafatnya

TABUR BUNGA di Makam Pangeran Antasari, Peringati Wafatnya

SuarIndonesiaWalikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menghadiri acara upacara peringatan ke-159 tahun wafatnya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari bersama Laskar Pangeran Antasari Kalimantan yang berlangsung di Jalan Malkon Teman Masjid Jami Banjarmasin, Senin 11 Oktober 2021.

H Ibnu Sina memaparkan tujuan kegiatan tersebut yakni untuk memperingati wafatnya pangeran Antasari yang ke-159 sekaligus mendoakan pangeran Antasari.

 

TABUR BUNGA di Makam Pangeran Antasari, Peringati Wafatnya (2)

 

“Atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin kami turut memperingati wafatnya 159 tahun pahlawan nasional Pangeran Antasari. Mudah-mudahan arwah jasa beliau selalu diberikan keberkahan, kemudian diberikan ampunan, rahmat, setimpal dengan jasa-jasa beliau bagi bangsa dan negara dalam perang Banjar melawan kolonialisme,” papar H Ibnu Sina.

Ia menuturkan motto spirit membakar jiwa yang digaungkan oleh pangeran Antasari hingga saat ini menjadi prinsip warga Banjar.

“Dan spirit nya sampai hari ini masih bisa kita warisi, yaitu waja sampai kaputing menjadi sebuah spirit perjuangan kita bersama. Dan mudah-mudahan pesan beliau, gasan kita berataan, di sini bersama-sama dengan laskar Antasari. Alhamdulillah kita ambil spirit beliau artinya jangan bacakut papadaan, amun kada handak banua kita dilincai urang,” tutur H Ibnu Sina.

 

TABUR BUNGA di Makam Pangeran Antasari, Peringati Wafatnya (3)

 

Kemudian, dengan spirit tersebut yakni Spirit Kayuh Baimbai menjadi motivasi Warga Banjar dalam membangun Kota Banjarmasin.

“Ya, jadi itu spirit hanya kayuh baimbai untuk membangun Kalimantan Selatan khususnya membangun Kota Banjarmasin dan banua kita,” pungkasnya.
(SU)

 120 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: