SKEMA IMBAL Jasa Lingkungan Kawasan Tahura Dirumuskan

SuarIndonesia – Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel bekerjasama dengan Global Green Growth Institute (GGGI) mulai merumuskan skema imbal jasa tersebut. Berdasarkan hasil studi dasar terdapat 2 skema pembiayaan.

“Pertama pembiayaan dilakukan perusahaan secara bersama untuk dana air dan konservasi, sedangkan skema kedua perusahaan bekerjasama dengan Tahura secara individual,” jelas Central Kalimantan Provincial Representative GGGI, Hendrik Segah, Kamis (13/1/2022) di sela Diskusi terfokus kajian imbal jasa lingkungan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam: hasil studi dasar, usulan model bisnis dan kelembagaan, di salah satu hotel di Banjarbaru.

Menurut Hendrik, skema tersebut belum final, namun masih studi awal.

Tidak menutup kemungkinan skema berubah sesuai dengan kebutuhan di Provinsi Kalsel.

“Skema di daerah lain tentu tak bisa disamakan dengan skema di Kalsel, sehingga perlu pembahasan lebih lanjut lagi,” katanya.

Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Dinas Kehutanan Kalsel, Warsita, menambahkan diskusi digelar untuk membangun kebersamaan dengan para perusahaan terkait rencana imbal jasa lingkungan Tahura Sultan Adam.

“Di sini juga membahas terkait bagaimana skema kerjasama dengan perusahaan untuk imbal jasa lingkungan,” katanya.

Dia mengungkapkan, dalam diskusi itu para perusahaan pengguna air permukaan di Tahura yang hadir seperti PLTA, PDAM, industri air minum kemasan dan lain-lain telah sepakat memberikan kontribusi untuk keberlanjutan air Tahura. “Salah satunya dengan meningkatkan tutupan lahan,” ungkapnya.

Terkait bagaimana skema kontribusi perusahaan nanti, Warsita menyampaikan, pihaknya terus meminta masukan dari perusahaan dan stakeholder terkait.

“Nanti kemudian dikaji oleh Global Green Growth Institute (GGGI), jasa imbal dalam bentuk apa yang bagus diberikan perusahaan,” tuturnya.(RW)

 386 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!