RELA Tempuh Hujan Demi Bervaksin

Bagikan :
RELA Tempuh Hujan Demi Bervaksin

SuarIndonesia – Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin kembali menggalakkan vaksinasi massal di tempat ibadah, Jumat (29/10/2021) siang.

Kegiatan vaksinasi tersebut dimulai setelah pelaksanaan salat Jumat selesai sampai dengan waktu yang sudah ditentukan, tergantung dengan stok vaksin yang dibawa nakes.

Seperti yang terpantau di Masjid Jami Qomarudin. Di lokasi vaksinasi massal yang menyasar jamaah dan warga sekitar lingkungan masjid tersebut pelaksanaannya seakan kurang diminati warga.

Benar saja, sejak dibukanya layanan Jumat Bervaksin tersebut hingga pukul 14.00 WIB, terlihat hanya terdaftar 17 orang warga di lingkungan masjid yang ikut bervaksin.

Hal itu bertolak belakang dengan kegiatan serupa beberapa bulan yang lalu juga sempat dijalankan Dinkes. Pasalnya, dalam kegiatan Jumat Bervaksin Jilid I warga berbondong-bondong mendatangi masjid untuk bisa mendapat jatah vaksinasi Covid-19.

Kendati demikian, di samping sepinya keikutsertaan warga, ada salah satu wanita yang rela menempuh hujan deras datang ke lokasi vaksinasi, yakni Nurul Huda.

Ibu dua anak tersebut datang ke masjid yang berada di Jalan Prona I, Kelurahan Pemurus Baru, Kecamatan Banjarmasin Selatan itu hanya dengan menggunakan satu payung hitam bersama anaknya.

Ia rela beranjak dari kediamannya yang jaraknya lumayan jauh dari lokasi vaksinasi hanya untuk mengantarkan buah hatinya ikut bervaksin.

“Kebetulan tadi suami saya mendengar pengumuman usai Jumatan, katanya ada vaksin gratis di masjid. Kebetulan anak saya belum divaksin, makanya saya bawa ke sini,” ungkap ibu berusia 45 tahun itu.

Kemudian, alasan Nurul mengajak anaknya bervaksin di masjid dikarenakan tidak adanya antrean panjang untuk bisa mendapat vaksin.

“Kalau di Puskesmas antre, susah nyari waktunya. Apalagi anak saya kan sudah aktif belajar di sekolah,” ujarnya.

Ia menilai vaksinasi yang dijalankan dengan pola jemput bola di tempat ibadah umat muslim ini sangat membantu warga yang belum mendapatkan vaksin.

“Tidak perlu lama antre, kita hanya perlu datang dengan membawa KTP atau kartu keluarga (KK) untuk mendaftar, periksa kesehatan, lalu disuntik vaksin oleh petugas. Lebih mudah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, program Jumat Bervaksin ini diselenggarakan di lima titik, yakni Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Hasanuddin Madjedi, At Taqwa, Mujahidin dan Masjid Jami Qomarudin.

Satu hari setelahnya, Dinkes juga bakal menyelenggarakan vaksinasi massal di Gereja Katedral, Banjarmasin pada hari Minggu (31/10/2021) besok. (SU)

 204 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!