Ratusan Karyawan PDAM Ikuti Lomba Permainan Tradisional

Ratusan Karyawan PDAM Ikuti Lomba Permainan Tradisional

Suarindonesia – Ratusan karyawan PDAM Bandarmasih dalam memperingari HUT PDAM yang ke 46, menggelar dan mengangkat serta meramaikan gelar lomba permaian tradisional yang diselenggarakan di IPA Km 6 PDAM Bandarmasin di lapangan Kamboja, Sabtu.

Gelar permaian tradisional yang dibuka langsung Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-492 Kota Banjarmasin yang jatuh pada 24 September 2018, yakni, menampilkan permainan lomba balogo, enggerang, bakiak, gasing, dan asinan.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan, permainan-permainan tradisional ini harus terus dilestarikan di lingkungan masyarakat, sehingga regenerasinya akan terus ada. Bahkan
menurut dia, permainan tradisional ini mengajarkan kebersamaan dan bersosial yang baik bagi anak.

Direktur Utama PDAM Bandarmasih Ir H Yudha Ahmady mengatakan, perlombaan ini, tutur bertujuan agar para karyawan kembali mengajarkan permaian dan lomba-lomba tradisional yang pernah ada di daerahnya pada putra-putrinya.

`Jangan sampai anak-anak kita hanya tahunya game online atau permainan olahraga di gadget saja, sementara mereka tidak tahu apa itu bakiak, bagasing, enggerang, balogo dan asinan, termasuk juga tarik tambang dan sebagainya,” katanya.

Dia menegaskan, regenerasi daerah ini jangan sampai mulupakan kearifan budaya lokalnya, khususnya permainan tradisional ini, sebab merupakan jati diri daerah,” ujarnya.

Namun demikian, Ibnu Sina menyatakan kegembiraannya, saat perlombaan ini digelar, ternyata minat karyawan untuk mengikutinya sangat besar. “Kita melihat kegembiraan mereka mengikuti kegiatan ini, saya yakin permainan tradisional daerah kita ini akan tetep lestari, lagian sudah ada dicanangkan di Banjarmasin ini sebuah kampung permainan tradisional,” tuturnya.(SU)

 339 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: