KEMBALI MENARI Air Mancur Kamboja

Bagikan :
KEMBALI MENARI Air Mancur Kamboja

SuarIndonesia – Setelah lebih dari dua tahun vakum, atraksi air mancur menari yang ada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, akhirnya kembali bisa dinikmati warga Kota Banjarmasin.

Salah satu warga Banjarmasin, Nana Rizki mengaku sengaja datang ke RTH Kamboja bersama anaknya untuk melihat air mancur menari yang sudah mulai dioperasikan lagi.

“Sudah beberapa tahun ini baru malam ini bisa melihat air mancur menari lagi,” ujar Nana, Minggu (24/04/2022) malam.

Diceritakannya bahwa sebenarnya dirinya tidak sengaja melintas di Jalan Anang Adenansi tersebut mendengar suara musik dan lampu kelap-kelip di area taman.

“Saat melihat kelap-kelip lampu dengan musik itu langsung singgah. Selama ini belum ada pemberitahuan dari Pemko Banjarmasin untuk dilakukan beroperasi air mancur menari tersebut,” pungkasnya.

Lantas, apakah sebenarnya kawasan dan air mancur menari di RTH Kamboja ini memang benar dibuka?

Saat dikonfirmasi, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memeriahkan momen ‘Selikuran’ dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Pada intinya memeriahkan Malam Selikur dan supaya nuansa ibadah ramadhan kita di Banjarmasin bisa lebih terasa,” ucapnya saat ditemui awak media di Balai Kota, Senin (25/04/2022) siang.

Selain itu, alasan lain pihaknya untuk mengaktifkan kembali atraksi air mancur menari yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Al-Jihad tersebut, adalah agar masyarakat bisa berkumpul dan menjalankan aktivitas di tempat yang aman.

“Karena kita harapkan masyarakat bisa diarahkan untuk berkumpul ke titik-titik yang lebih aman dan bisa dinikmati bersama keluarga. Salah satunya dengan air mancur menari di Taman (RTH) Kamboja,” ungkapnya.

Baca Juga :

SIAP DITAMPILKAN Lagi, Air Mancur Menari di RTH Kamboja

Kemudian, untuk memastikan keamanan di lokasi, Ibnu menginstruksikan kepada Aparat Satpol-PP dan Linmas Kota Banjarmasin untuk berjaga di sana.

“Termasuk mengatur tempat duduk pengunjung yang ingin menikmati atraksi air mancur. Nanti diatur jarak duduknya, kan di sana sudah ada disediakan tempat duduknya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Alive Yoesfah Love mengatakan, meski sempat vakum, namun sesuai arahan Wali Kota, pihaknya telah menghidupkan air mancur menari sejak tadi malam.

“Rencana kita hidupkan mulai malam ini sampai malam hari raya nanti. Kita hidupkan setiap hari,” ungkap kadis yang baru dilantik tersebut.

Ia menjelaskan, untuk operasional air mancur menari tersebut yakni setelah sholat tarawih hingga pukul 22.00 WITA.

Ditanya apakah usai lebaran ini wahana yang memeiliki daya tarik khas itu bakal terus dibuka? Alive masih belum bisa memastikan hal itu.

“Usai lebaran apakah kita jadwalkan seperti semula, setiap Sabtu dan Minggu, kita lihat lagi kondisinya. Yang jelas airnya itu harus dipelihara dan dibersihkan agar tidak menyumbat,” ujarnya.

Ia pun berharap, para pengunjung yang nantinya berdatangan di Taman Kamboja, agar lebih bisa menjaga kebersihan kolam.

“Kadang-kadang membuang bekas minuman di dalam kolam. Jadi kita imbau jangan buang sampah sembarangan dan buanglah di tempat sampah,” pintanya. (SU)

 107 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.