INGATKAN Esensi Perjuangan Dalam Puasa. H Ibnu Sina Ceramah Bada Tarawih

SuarIndonesia – Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina bersilaturrahim sekaligus mengisi ceramah bada Tarawih di Masjid Qalbun Salim Pondok Pesantren Al Furqon Jl Cemara Ujung, Kecamatan Banjarmasin Utara, Sabtu (16/04/2022) malam.

Kegiatan turut dihadiri oleh pengurus Masjid, Santri – Santriwati Ponpes Al Furqon, tokoh masyarakat serta jamaah sekitar.

Dalam tausiyahnya, dia mengingatkan mengenai perang melawan hawa nafsu dalam keadaan berpuasa, bahwa setiap muslim yang taat dan tengah berjihad dijalan Allah SWT harus memiliki keyakinan terhadap pertolongan Allah Azza Wa Jalla dalam upaya mengendalikan hawa nafsunya.

“Tidak ada perjuangan yang mudah, pasti memerlukan yang namanya pengorbanan, perjuangan juga disertai doa,” paparnya.

Dia kemudian menyebutkan sabda Nabi Muhammad SAW sepulang dari peperangan. “Kita akan menuju kepada peperangan yang jauh lebih besar, para sahabat pun bertanya, Bukankah Perang Badar adalah perang yang paling besar Ya Rasulullah?, Nabi pun menjawab, Bahwa ada perang yang lebih besar, yakni perang melawan hawa nafsu kita,” ucapnya membacakan sabda tersebut.

Oleh karena itu, H Ibnu Sina menegaskan Puasa bukan hanya soal menahan lapar dan haus, namun juga mengajarkan akan arti perjuangan, pengorbanan serta rasa optimisme dalam melawan hawa nafsu bagi mereka yang tengah berjuang di jalan Allah SWT.

“Puasa melatih kita untuk senantiasa memiliki spirit perjuangan, spirit pengorbanan, yakin terhadap pertolongan Allah SWT, juga yakin bahwa kita dapat terlepas dari pandemi Covid-19, dari persoalan ekonomi, politik, serta persoalan – persoalan sosial yang ada di hadapan kita,” tutupnya.(SU)

 170 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!