Haul Habib Basirih ke 72 Tak Ada Muatan Politik

Haul Habib Basirih ke 72 Tak Ada Muatan Politik

Suarindonesia – Rencana pelaksanaan Haul Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau Habib Basirih ke 72, Sabtu 26 Januari 2019 mendatang diwanti tegas oleh panitia pelaksana haulan bahwa kegiatan haul yang dilaksanakan tiap tahun murni dan bersih dari muatan politik.

Ketua pelaksana H Abdul Mun’iem atau Haji Cu’iem, kepada wartawan, Senin (21/1) sore mengatakan bahwa acara haul yang diselenggarakan merupakan acara rutinitas tahunan. Hanya saja, tahun ini bersamaan tahun politik.

Namun sebenarnya, haul tersebut acaranya murni keagamaan memperingati Haul Habib Basirih dan tak ada muatan politik.

“Terus terang siap saja boleh datang ke acara haul dan memang sempat kami ada melihat di sosmed bahwa kegiatan kami digandengi politik. Itu salah, kegiatan kami murni niatan haulan yang kami laksanakan rutin setiap tahunnya,” ucap Ketua Pelaksana H Abdul Mun’iem atau Haji Cu’iem yang merupakan cicit dari Habib Basirih itu saat menemui wartawan di Balikota Banjarmasin.

Didampingi ibunya Hj Khadijah binti Hasan bin Hamid Bahasyim, Abdul Mun’iem mengatakan, semua panitia dari keturunan dari Habib Hamid Bahasyim mengaku bahwa Haul Akbar yang diselenggarakan lantaran hanya untuk ibadah dan tafakur mengenang sosok Habib Hamid dalam melakukan syiar Isam di Basirih.

“’Tidak ada maksud lain, kalau ada terkait soal politik kami lepas tanggung jawab, tidak ada mengandung unsur politik, murni kegiatan ritual keagamaan sesuai dengan ajaran islam,” ucapnya kepada sejumlah awak media di Balaikota Banjarmasin (21/1).

Abdul Mun’ien mengaku menemukann beberapa selebaran pemberitahuan yang ditunggangi kepentingan politik. Namun meski demikian Abdul Mun’ien enggan menyebutkan apa saja unsur politik yang mengambil kepentingan dari kegiatan Haul Akbar tersebut.

“Saya tidak mau sebutkan untuk menjaga persatuan umat islam, daripada disebutkan nanti. Biar kita klarifikasi saja, ini murni kegiatan rutin ritual mehaul ,” katanya berulang kali demikian.
Senada dengan hal tersebut cucu dari Habib Hamid Bahasyim, Khadijah Said Hasan bin Hamid bin Abbas Bahasyim menyampaikan ribuan terimakasih kepada seluruh umat Islam yang akan datang nanti untuk memperingati haul akbar tersebut.

“Saya juga mau menegaskan kegiatan haul nanti murni merayakan haul secara ritual dalam agama Islam, murni untuk menghadiahi kakek saya melalui haul, dan tidak ada sedikit pun unsur politik,” tegasnya.

Wakil Ketua pelaksana Drs H Husein Lutfii, pelaksanaan haul yang telah mempersiapkan lokasi kurang lebih untuk 10 ribu jamaah. Konsumsi juga telah disiapkan sekitar 5 ribu, di mana dana konsumsi itu merupakan swadaya masyarakat dan jamaah.

Kemudian bantuan transportasi air juga menjadi fasilitas pihaknya, seperti menyiapkan 15 kelotok, 4 feri penyeberangan, 4 unit speedboat, juga keamanan air oleh Polisi Air Polda Kalsel.

Haul akbar Habib Hamid Bahasyim akan dilaksanakan di kubah Basirih Banjarmasin Barat yang berlangsung pada Sabtu, 26 Januari 2018 yang dimulai pada pukul 08.00 WITA.

Kemudian juga terbuka untuk umum dan seluruh masyarakat bisa berhadir di acara haulan yang akan dilaksanakan lima hari lagi di Kubah Habib Basirih, Jalan Keramat Basirih, Banjarmasin Barat.(SU)

 374 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: