GUBERNUR Kalsel Berikan Pengantar pada Seminar Internasional

Bagikan :
GUBERNUR Kalsel Berikan Pengantar pada Seminar Internasional

SuarIndonesia – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, memberikan pemikiran sekaligus pengantar pada Seminar Internasional dan Pertemuan Masyarakat Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia (MPHPI) Ke-13 dilaksanakan Senin (20/9/2021), secara virtual dari Command Center Setdaprov Kalsel

“Penting saya sampaikan dalam forum ilmiah ini pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan harus memberikan dampak besar bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, terutama para nelayan,” tegasnya.

Menurut Sahbirin, pembangunan sektor kelautan dan perikanan harus memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, terutama masyarakat nelayan.

Lebih pentingnya lagi menjaga ekosistem dan kearifan lokal dalam mengelola sumber daya kelautan dan perikanan .

“Di Banua kami, ada namanya ikan haruan atau ikan gabus yang sangat digemari masyarakat Kalsel” sebutnya.

Paman Birin, panggilan akrabnya berharap, eksisting sumber daya kelautan dan sumber daya perikanan daratan tersebut, semua harus mendapatkan perhatian dan kesempatan yang sama.

Lebih lanjut Paman Birin mengatakan, melalui kegiatan seminar internasional dan pertemuan MPHPI ke-13, merupakan momentum strategis untuk bersama-sama memberikan sumbang pemikiran, ide, dan gagasan yang inovatif dalam rangka percepatan pengelolaan sumber daya perikanan secara terpadu.

Paman Birin berpesan, pengembangan teknologi perikanan lahan basah ini hendaknya tidak saja memperhatikan aspek pembangunan ekonomi,tetapi juga harus mempertimbangkan aspek sosial, budaya, dan lingkungan mengedepankan kearifan lokal.

“Program/kegiatan yang akan dijalankan dapat terasa lebih “membumi” serta dapat memotivasi keterlibatan masyarakat setempat, terutama dengan memanfaatkan kearifan lokal yang harus dipertahankan dalam pelaksanaan pembangunan perikanan yang berwawasan ekonomi lingkungan,” pesan Paman Birin.(RW)

 163 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!