DIBANGUN Beberapa Irigasi Perpompaan Dukung Swasembada Daging

DIBANGUN Beberapa Irigasi Perpompaan Dukung Swasembada Daging

Suarindonesia – Beberapa Irigasi perpompaan sudah dibangun di Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu

“Untuk tahun 2021, Hulu Sungai Tengah mendapat alokasi kegiatan irigasi permompaan sebanyak satu unit, dan saat ini sudah pada tahap pengerjaan fisik bangunan berupa bak penampung dan rumah pompa,” kata Kepala Disbunak Kalsel, Suparmi.

Dikatakan Suparmi, pihaknya terus memantau perkembangan pembangunan irigasi perpompaan di empat kabupaten tersebut. Ia menyebut target pembangunan rampung sebelum musim kemarau tiba.

Pembangunan irigasi perpompaan tersebut tidak sepenuhnya disokong dana provinsi, namun sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Disebutkannya, program irigasi perpompaan untuk mendukung percepatan swasembada daging.

“Melalui irigasi perpompaan diharapkan dapat mendukung terpenuhinya hijauan pakan ternak yang berkualitas terutama di musim kemarau, sehingga produksi daging tetap terjaga,” kata Suparmi.

Dalam hal mengejar seasembada daging, selain irigasi perpompaan Disbunak Kalsel juga menggenjot program integrasi sawit dan sapi.

Program ini bertujuan untuk mendukung peningkatan populasi sapi potong.

Melalui integrasi sawit-sapi, keterbatasan pakan dapat dipenuhi dari pengelolaan limbah sawit, dengan memanfaatkan pelepah sawit sebagai pakan sapi dan limbah sapi (kotoran) sebagai pupuk tanaman sawit.(RW)

 327 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: