DIANCAM Empat Pasal Dua Terdakwa Mantan Karyawan Kantor Pos

Bagikan :
DIANCAM Empat Pasal Dua Terdakwa Mantan Karyawan Kantor Pos

SuarIndonesia – Diancam empat pasal, dua terdakwa mantan Karyawan Kantor Pos.

Dua terdakwa karyawan Kantor Pos masing-masing Sapriadi mantan Kepala Kantor Pos Cabang Tanjung Batu Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru dan Didi Ansari mantan Kepala Kantor Pos Cabang Panatai Kecamatan Kelumpang Selatan.

Mereka menjalani sidang tindak pidana korupsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Banjarmasin, Rabu (26/1/2022), dengan ancaman empat pasal dalam UU Tipikor.

Dalam dakwannya JPU yanag dikomando Harwanto dari Kejaksaan Tinggi Kalsel, menyatakan terdakwa Sapriadi telah merugikan perusahaan BUMN tersebut sebesar Rp 585 juta lebih.

Sedangkan Didi Ansari telah merugikan negara senilai Rp 2,9 M lebihyang dilakukan keduanya dikisaran tahun 2018-2020 di tempat kerjannya masing masning.

Menurut dwaaan uang di dikmeplang oleh kedua terdakwa tersebut di gunakan untuk kpentingan ribadi, anatara lain untuk beli kendaraan serta juga merehabiltasi rumah tinggal keduanya.

Modus yang dilakuan kedua tedakwa hampir sama yakni adanya setoran nasabah yang tidak dibukukan atau disetor ke kas perusahaan.

Selain itu juga adanya wesel yang fiktif. Begitu juga keduanya dalam menutupi kejucangan tersebut dengan membuat laporan fiktif, sehingga bisa berjalan cukup lama.

Atas perbuatan kedua terdakwa tersebut, JPU mematok empat pasal dari UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Pada daklwaan primir dipatok pasal 2 jo pasal 18, sedangkan pada dakwaan subsidair dipatok pasal 3 jo pasal 18, sedangkan lebih subsidair pasal 8 jo pasal 18 dan lebih lebih subsidair pasal 9 jo pasl18.(HD)

 274 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.