BKN Terapkan Fitur Identifikasi Tubuh Peserta SKD CPNS 2021

BKN Terapkan Fitur Identifikasi Tubuh Peserta SKD CPNS 2021

SuarIndonesia – Pemprov Kalsel menggelar seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) lingkup Pemprov Kalsel dimulai Selasa (14/9/2021) di Gedung Idham Chalid, tersebut dibagi beberapa sesi.

Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WITA. Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, didampingi Kepala Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin A.

Darmuji dan Kepala BKD Kalsel, Sulkan meninjau pelaksanaan seleksi sesi pertama tersebut.

Seleksi SKD CPNS 2021 dilaksanakan lebih ketat dari sebelumnya. Untuk menghindari praktik perjokian, setiap peserta diwajibkan Fitur Face Recognition.

Facial recognition adalah salah satu jenis sistem identifikasi “biometrik”. Sistem ini mengidentifikasi seseorang dengan fitur-fitur khusus pada tubuh maupun DNA yang membedakan satu orang dengan orang lainnya.

“Untuk tahun ini kita melakukan face recognition. Jadi, setelah peserta datang, kemudian difoto wajah.

Kalau tidak sesuai kamera tidak mau mendeteksi. Hal ini demi menghindari perjokian. Nantinya foto akan tayang di komputer,” papar Darmuji.

Sementara itu, Roy Rizali Anwar, menyampaikan pesan dan dukungannya kepada 250 peserta yang terjadwal mengikuti tes kemarin. Kloter pertama bersaing ketat berkompetisi untuk meraih 421 formasi di lingkungan Pemprov Kalsel.

Tercatat, lebih dari 4.000 peserta akan mengikuti SKD CPNS Pemprov Kalsel mulai tanggal 14-19 September 2021. Tahun ini adalah tahun kedua penyelenggaraan seleksi CPNS di masa pandemi Covid-19.

Terdapat beberapa penyesuaian yang dilakukan, termasuk jumlah peserta per harinya.

Jika tahun sebelumnya, tiap satu hari berlangsung sampai 5 sesi tes, maka kali ini dibatasi hanya tiga sesi.

“Kapasitas gedung Idham Chalid sekitar 750 orang per hari. Tiap sesi tes diikuti 250 peserta. Sehari berlangsung 3 sesi, kecuali hari Jumat 2 kali sesi saja,” terang Roy.(RW)

 692 kali dilihat,  177 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: