BIBIT Buah Langka Ditanam di Kawasan Tahura Sultan Adam

SuarIndonesia – Bekerjasama dengan PT. PLN Kalselteng, Pemprov Kalsel menanam 4 ribu bibit pohon di kawasan Agrowisata Tahura Sultan Adam (SA), Senin (28/11/2022).

Dari jumlahnya tersebut didominasi tanan buah langka.

“Dilakukan kegiatan penanaman pada lahan seluas kurang lebih 4 Hektare yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Sultan Adam Mandiangin, dengan 4.000 batang bibit tanaman,” jelas Kepala Dishut Kalsel, Hj. Fathimatuzzahra.

Ditambahkan, bibit tanaman yang ditanam pada kegiatan kemarin meliputi 1.000 batang bibit tanaman jenis Mahoni dan 3.000 batang bibit tanaman jenis buah-buahan lokal dan langka.

Tanaman buah-buahan lokal langka antara lain Bangkinang, Keledang, Bundar, Ginalum, Jambu Agung, Kalangkala, Kapul, Kasturi, Katitiwar, Kuini, asam Kandis, Maritam, Manggis Hutan, Ramania, Rambai, Rambutan Hutan, Tanduy, dan sebagainya.

“Perlu saya sampaikan kegiatan penanaman ini terselenggara berkat kerjasama yang baik antara Taman Hutan Raya Sultan Adam dengan PT. PLN Persero melalui Program PLN Peduli, bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, 28 Nopember 2022.

Kegiatan penanaman ini sekaligus merupakan bagian dari salah satu aksi awal skema imbal jasa lingkungan yang telah digagas oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan dan GGGI (Global Green Growth Institute).

“Di mana pihak-pihak yang memanfaatkan air yang berasal dari Tahura Sultan Adam didorong untuk berkontribusi aktif dalam menjaga kelestarian sumber daya air Tahura Sultan Adam melalui berbagai progam dan kegiatan,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa kepada semua pihak yang peduli terhadap lingkungan dan terlibat dalam acara penanaman.

Menurutnya, pemerintah yang kuat harus didukung oleh pihak swasta.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang peduli terhadap lingkungan, termasuk PLN yang ikut berpartisipasi menghijaukan bumi Kalimantan Selatan, juga partisipasi perusahaan Kalsel lainnya yang terlibat dalam menghijaukan gerbang IKN,” ujar Paman Birin.(RW)

 352 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!