BERTANDING dan Bersanding, Cari Ketua di Musprov Kadin Kalsel VII

SuarIndonesia – Guna mencari kader pemimpin yang mumpuni, Musyawarah Provinsi (Musprov) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka, Senin (12/09/2022).

Terdapat dua nama yang akan memperebutkan posisi orang nomor satu di tubuh kepengurusan Kadin Kalsel ini, yakni Hj Shinta Laksmi Dewi SE dan H Saridi Salimin MM.

Mereka berdua telah menandatangani pakta integritas yang menjadi persyaratan sebagai pengajuan diri sebagai bakal calon Ketum Kadin Kalsel periode 2022/2026.

Ketua Umum (Ketum) Kadin Indonesia, M Arsjad Rasjid mengatakan, musyawarah tingkat provinsi ini dilaksanakan untuk mencari kader pemimpin serta pengurus yang mampu membawa roda perekonomian Kalsel naik derajatnya.

“Tantangan kita sangat besar. Tujuan suara yang kita berikan disini tidak lain agar ajang pencarian Ketua Umum Kadin Kalsel ini menjadi momen untuk menjalankan prinsip bertanding untuk bersanding,” ucapnya.

Bukan tanpa alasan, menurutnya hal tersebut menjadi harapan lantaran kunci dari sebuah kesuksesan dalam berorganisasi adalah kebersamaan dan gotong royong.

“Gotong royong menjadi kunci menghadapi semua ini. Dan ini sudah kita buktikan bagaimana kita menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi,” ungkapnya.

BERTANDING dan Bersanding, Cari Ketua di Musprov Kadin Kalsel VII (2)

“Apalagi untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju dengan perkembangan ekonomi nomor empat di dunia tidak akan bisa tercapai jika kita tidak bekerja sama,” tambahnya.

Menurutnya, tantangan tersebut tidaklah mudah. Namun dengan diisi personel yang kuat dan tim yang cakap. Maka hal tersebut akan bisa dicapai dengan mudah.

Pengusaha dan pemerintah harus bisa bekerjasama, baik di pusat, provinsi maupun daerah dalam menjalani tantangan perekonomian ke depan.

“Sesuai Undang-Undang nomor 1 tahun 1987, peran Kadin jelas. Karena kadin berisikan semua perusahaan milik swasta maupun pemerintah maupun koperasi, merupakan bagian dari Kadin,” ujarnya.

“Bahkan seluruh asosiasi baik berbentuk investasi, ekonomi perdagangan bahkan pengusaha besar, menengah sampai kecil pun adalah bagian dari Kadin. Inilah rumah kita bersama, rumah bagi para pengusaha,” imbuhnya.

Baca Juga :

KADIN Kalsel Diminta Dapat Bangun Ekonomi Daerah Jadi Lebih Baik

Ia berharap Pengurus Kadin Kalsel yang nantinya terpilih harus dapat menjadi tim yang kokoh dan mampu menjadikan Kalsel menjadi provinsi yang tangguh, produktif dan responsif terhadap tantangan ekonomi selama kepengurusan ini berjalan.

“Kemudian Kadin Kalsel juga harus mampu menjadi pijakan yang kuat bagi seluruh pengusaha untuk menggerakkan roda perekonomian daerah guna menyongsong menuju Indonesia Emas tahun 2045,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, mengaku sangat mendukung dengan dilaksanakannya Musprov Kadin Kalsel VII ini.

“Karena dengan terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan undang-undang serta tanda bahwa berjalannya sebuah roda organisasi yang matang,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Lambung Mangkurat itu menilai, Kadin Kalsel merupakan organisasi yang memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dan strategis bagi pembangunan bangsa, termasuk di Banua.

Baca Juga :

FAKTA Integritas Ditandatangani Kandidat Ketua Mendahului Musprov VII Kadin Kalsel

Selain itu, adanya Kadin ini juga merupakan wuuud pelaksanaan Undang-Undang dan tempat berhimpun serta menjadi wadah bagi pengusaha di Indonesia. Termasuk pengusaha Banua.

“Kita (Pemprov Kalsel) sekarang ini sangat konsen dalam pembinaan dunia usaha khususnya pengusaha lokal, termasuk pengembangan UMKM,” imbuhnya.

Di samping itu, pria yang akrab disapa Paman Birin itu mengaku hal tersebut juga bentuk kesiapan Kalsel dalam menyambut hadirnya IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

“Kuta harus siap menjadi daerah pendukung dan penyangga IKN. Dan ini sudah kita refleksikan dalam misi Kalsel Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkelanjutan sebagai gerbang Ibu Kota Negara,” katanya.

Di sisi lain, menurut Paman Birin, para pengusaha juga berperan penting dalam menggapai cita-cita Banua. Sehingga keberadaan Kadin Kalsel sangat penting.

“Diharapkan Kadin dapat mengoptimalkan peranan dan fungsinya dalam membina dan mengambangkan kemampuan para pengusaha Banua,” harapnya.(SU)

 482 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

1 Comment

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!