42 EVENT Ramaikan Pariwisata Banjarmasin di Tahun 2023

SuarIndonesiaPemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin menggelar Launching Calender Of Event (COE) 2023 Kota Banjarmasin, berlangsung di Taman Teluk Kelayan, Kelayan Barat, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Sabtu (10/12/2022), malam.

H Ibnu Sina mengatakan, hadirnya 42 Event itu sebagai wujud kesiapan Kota Banjarmasin untuk pulih dari pandemi dan merangkul para wisatawan yang akan berkunjung di kota berjuluk Seribu Sungai tersebut.

“Kita optimis pandemi segera berakhir, apalagi dengan pulihnya sektor pariwisata akan banyak insan pariwisata dan warga yang terbantu, di mana tentu hal ini dapat membangkitkan kembali geliat perekonomian kita,” ujar H Ibnu Sina.

“Mudah-mudahan 8 event Kota Banjarmasin yang juga masuk dalam event provinsi pun dapat kita dukung sama-sama, terlebih khusus 1 event yang kita daftarkan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) garapan Kemenparekraf RI yakni Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-7. Mohon doanya agar bisa lolos dalam penilaian nanti,” tambahnya.

Disinggung mengenai animo Wisatawan dan Pokdarwis, H Ibnu Sina menanggapinya dengan bijak.

Ia berpesan yang paling penting adalah bagaimana masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis itu dapat menjaga kebersihan dan kenyamanan destinasi wisata mereka masing – masing.

“Saya kira inilah budaya Banjar, budaya Kota Seribu Sungai, tercatat sejauh ini ada sekitar 29 ribu wisatawan domestik dan hampir 7 ribu wisatawan mancanegara (asing) setiap bulannya yang datang ke Banjarmasin. Semoga jadi pemicu semangat baru bagi kota ini untuk bisa segera bangkit,” beber H Ibnu Sina.

42 EVENT Ramaikan Pariwisata Banjarmasin di Tahun 2023 (2)

“Insya Allah selama situasi kondusif ada rasa optimis untuk menarik banyak wisatawan. Untuk Pokdarwis sendiri tentu segera berbenah karena potensi kita sangat besar, mari kita benahi dulu kalo kondisinya barasih dan nyaman, orang pun akan semakin betah tinggal di Banjarmasin,” harapnya.

Sementara itu, Iwan Fitriady mengungkapkan kegiatan tersebut masuk dalam program pemasaran Pariwisata yang bertujuan untuk menghimpun gelaran event – event yang ada di Kota Banjarmasin baik yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah, Swasta, Komunitas hingga masyarakat.

Ia juga berharap, BSF sebagai event unggulan Kota Banjarmasin bisa masuk dalam 100 event nasional di seluruh Indonesia.

“Ulun mohon doa dan dukungannya, mudah-mudahan BSF yang tengah dilakukan kurasi oleh Kemenparekraf ini bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Sebab apabila masuk dalam 100 event nasional keuntungan yang didapat adalah BSF bisa saja akan dipromosikan ke seluruh dunia secara internasional oleh Kemenparekraf RI,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, Kepala Disbudporapar Kota Banjarmasin, Iwan Fitriady, unsur Forkopimda Kota Banjarmasin, seluruh Kepala SKPD, Perusda beserta jajaran terkait.

Usai Launching, H Ibnu Sina didampingi seluruh jajaran terkait menyerahkan hadiah kepada para pemenang dalam Penilaian Obyek Daya Tarik Desa Wisata (ODTDW) yang telah berlangsung beberapa waktu lalu.

Adapun para pemenang sebagai berikut :
Kategori Kreatif
Terbaik 1 : Kampung Banjar Sungai Jingah
Terbaik 2 : Kampung Biru
Terbaik 3 : Kampung Ketupat

Kategori Terbersih
Terbaik 1 : Kampung Kubah Basirih
Terbaik 2 : Kampung Arab
Terbaik 3 : Masjid Sultan Suriansyah .(SU)

 460 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!