16 PERUSAHAAN BESAR di Kalsel Jalin Kemitraan dengan UMKN

Bagikan :
16 PERUSAHAAN BESAR di Kalsel Jalin Kemitraan dengan UMKN

SuarIndonesia– Berangkat dari amanah Undang-undang Cipta Kerja, dilaksanakan penandatanganan MoU antara perusahaan di Kalsel dengan UMKM, pada Investment Forum of South Kalimantan di Jakarta, Kamis (26/11/2021).

“Amanat undang-undang CK begitu (diwajibkan pol kerjasama,” jelas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalsel, Ir. Nafarin.

Ia menyebut saat ini terdapat 16 perusahaan besar di Kalsel yang akan menjadi mitra kerja UMKM. Ke 16 perusahaan tersebut di antaranya Adaro, Sinarmas, Hasnur Grup, dan lain lain. Perusahaan-perusahaan tersebut bekerjasama dengan UMKM sesuai bidang kerja masing-masing.

Ditambahkannya, posisi saat ini sedang dilaksanakan penilaian oleh PT. Surveyor Indonesia, terkait apa saja yang bisa dikerjasamakan antara perusahaan dengan UMKM.

“Misalkan perkebunan bekerjasama dengan UMKM untuk angkutan hasil industrinya. Jika perusahaan batubara bukan batubaranya yang kerjasama dengan UMKN, tapi bisa support pengadaan baju atau kertas dan lainnya,” kata Nafarin.
Ditambahkannya, Surveyor Indonesia adalah perusahaan pihak ketiga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menilai UMKM.

Dari penilaian tersebut dapat diketahui pembagian kerja UMKM sesuai bidang keahlian yang dimilikinya.

“Perusahaan A misalnya potensi yang dimiliki beberapa, lalu surveyor Indonesia menunjuk UMKM mana saha yang bisa melaksanakan potensi kegiatan tersebut.

Intinya Surveyor Indonesia ini memfasilitasi kebutuhan perusahaan lalu dicari ukm mana yang bisa melaksanakan,” bebernya.

Masih menurut Nafarin, UMKM yang dilibatkan adalah yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan tambang.

Menurut Nafarin, sejatinya beberapa perusahaan sudah melaksanakan pola kerjasama dengan UMKM tersebut, namun belum diformalkan secara tertulis.

“Sebenarnya di Kalsel sudah ada beberapa perusahaan yang melibatkan UMKM, MoU sekarang penegasan saja,” pungkasnya.(RW)

 231 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

error: Content is protected !!