ZIARAH Pemko dan Forkopimda ke Makam Sultan Banjar Pertama

SuarIndonesia – Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina melaksanakan ziarah bersama ke makam Raja Banjar Pangeran Sultan Suriansyah, bertempat di Jalan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Senin (26/09/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor dan Pimpinan Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin beserta Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Banjarmasin.

H Ibnu Sina menyampaikan kegiatan ziarah merupakan tradisi yang senantiasa dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Banjarmasin. Kegiatan dilakukan dengan melakukan tahlilan, doa bersama hingga tabur bunga di makam Sultan Suriansyah serta beberapa makam lainnya.

“Allhamdullilah hari ini dalam peringatan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin sebagai mana tradisi ini biasa yang kita laksanakan ziarah ke makam Sultan Suriansyah yaitu raja pertama Kesultanan Banjar,” ucap H Ibnu Sina.

ZIARAH Pemko dan Forkopimda ke Makam Sultan Banjar Pertama (2)

Ia menambahkan bahwa spirit dari kegiatan ziarah tersebut untuk menghormati sekaligus juga memuliakan para pendiri Kota Banjarmasin yang berjasa hingga sekarang.

“Semangat kita menghormati dan memuliakan perjuangan para pendiri Kota. Spiritnya juga Kayuh Baimbai Waja Sampai Kaputing dalam perjuangan,” beber H Ibnu Sina.

“Mudah-mudahan Kota Banjarmasin terus berkembang menjadi sebuah kota besar supaya kemajuan kota tidak melupakan berdirinya sebuah sejarah kota,” tambahnya.

Kemudian, H Ibnu Sina berharap dari ziarah tersebut dapat memberikan berkah bagi Kota Banjarmasin sehingga menjadikan Kota Banjarmasin Baiman warganya, Bauntung usahanya dan Batuah (Berkah) dari para ulama serta pendiri-pendiri Kota Banjarmasin.

“Mudah-mudahan dengan adanya berkah dari mereka termasuk juga dengan tema Banjarmasin Baiman, Bauntung, Batuah dari alim ulama dari guru-guru agama dan juga termasuk dengan pendiri-pendiri Kota Banjarmasin. Semoga keberkahan itu selalu ada untuk menyelimuti,” tutupnya.(SU)

 464 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.