SIDAK Minyak Goreng Dilakukan Disperdagin ke Gudang Retail Modern

Bagikan :
SIDAK Minyak Goreng Dilakukan Disperdagin ke Gudang Retail Modern

SuarIndonesia — Guna memastikan ketersediaan minyak goreng, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, melakukan sidak ke gudang penyimpanan di sejumlah retail modern di Banjarmasin.

Kali ini, sidak dilakukan tidak hanya untuk memastikan ketersediaan minyak goreng saja. Namun pihak Disperdagin juga memantau stok gula.

Kepala Bidang Penguatan dan Pengembangan Perdagangan Disperdagin Kota Banjarmasin, Rakhman Norrahim mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan stok dan harga kedua bahan pokok tersebut bisa dijual dengan harga yang sudah ditentukan.

“Sekaligus kita melakukan sosialisasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 6 Tahun 2022 tentang harga eceran tertinggi minyak goreng,” ucapnya, Kamis (3/2/2022) pagi.

“Dari beberapa retail yang sudah kita datangi ini, mereka sudah sangat kooperatif, dan warga menyambut dengan baik. Artinya untuk harga sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah,” sambungnya.

Menurutnya, kegiatan pengawasan ini tidak hanya berakhir di sini, Rakhman menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan.

Ke depan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, agar bisa secara langsung untuk mengecek ketersediaan di gudang induk retail modern.

Baca Juga :

DI ATAS HET Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional, Stok Lama Bakal Diganti Produsen

“Kita melakukan ini juga sebagai pengawasan menjelang bulan puasa, karena biasanya pada saat itu kebutuhan minyak goreng dan gula pastinya sangat tinggi,” ucapnya.

“Dengan kegiatan ini juga kita harapkan inflasi di Banjarmasin juga turun,” tandasnya.

Di samping itu, Rakhman menegaskan bahwa jika ditemukan ada retail modern yang menjual minyak goreng dengan harga yang melebihi batas, maka akan ada sanksi tersendiri.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Sawit.

Baca Juga :

LUDES dalam Setengah Jam, Ratusan Liter Minyak Goreng Murah

“Jelas ada sanksi pertama teguran, kedua sesuai Permen mengirim surat dan ketiga pencabutan izin,” tegasnya.

Dari hasil sidak tersebut, Disperdagin Kota Banjarmasin mendapati salah satu retail modern yang ketersediaan minyak goreng dan gula yang kosong.

Namun ketika diperiksa ke dalam tempat penyimpanan, ditemukan ada sejumlah minyak goreng yang masih tersedia.

Pegawai retail modern tersebut berdalih bahwa pihaknya memang sengaja membatasi penjualan yang berada di rak jualan.

Tetapi ketika di rak tersebut telah habis mereka langsung akan meletakan lagi minyak yang masih ada di penyimpanan.

Nyatanya, ketika Disperdagin melakukan sidak, rak tersebut masih saja dibiarkan kosong oleh para pegawai retail modern tersebut.(SU)

 308 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.