RAMPUNG Pengerjaan Jembatan Sulawesi II, Pengoperasionalan Februari

SuarIndonesia – Pengerjaan proyek Jembatan Sulawesi II akhirnya rampung sesuai target waktu yang ditentukan sebelumnya yakni di bulan Desember 2022.

Kondisi terbaru jembatan penghubung Kelurahan Pasar Lama dan Kelurahan Sungai Jingah pada Senin (26/12/2022) yang sudah diaspal menyeluruh dan pengecatan pada badan jembatan.

Tidak hanya itu, terlihat tidak ada lagi aktivitas pengerjaan oleh para pekerja pada jembatan kembar itu berdasarkan pantauan awak media langsung.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Jembatan dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Dedy Hamdhani mengatakan pengerjaan sudah rampung hanya saja memang saat ini tinggal pembersihan area dari sisa-sisa bahan pembangunan.

“Alhamdulillah sudah rampung. Selain pembersihan area kita juga perlu lakukan pematangan beton pada jembatan,” ungkap Dedy kepada awak media, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga :
DIKEBUT Rampung Sebelum Akhir Tahun, Jembatan Sulawesi 2

Proses pematangan beton sendiri menurutnya memerlukan waktu sesuai standar pembangunan yakni selama 28 hari.

Ia mengatakan pengoperasionalan sekaligus peresmian pada jembatan kembar itu akan dilakukan tahun 2023 mendatang di bulan Februari.

“Sebelum itu akan kita dilakukan uji kelayakan yang akan dilintasi kendaraan bermotor dulu,” ujarnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berjualan di area oprit maupun badan jembatan karena hal tersebut dapat menimbulkan kekumuhan pada area jembatan.

Selain itu, ia menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin untuk dibuatkan taman guna mempercantik di kawasan itu.

“Ya kami serahkan pengelolaannya kepada Kelurahan kalau misalnya ingin ada stand UMKM di sana, tapi harus ditata agar tidak kumuh,” pungkasnya.(SU)

 381 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!