MASIH Teka-teki Pembukaan Sekolah Awal November

MASIH Teka-teki Pembukaan Sekolah Awal November

SuarIndonesia – Banjarmasin ditarget berzona hijau. Alias bebas dari kasus CoVID-19 pertengahan bulan ini. Ini bakal diketahui setelah hasil evaluasi dikeluarkan pada 14 Oktober olehGugus Tugas Percepatan Penanganan CoVID-19 Banjarmasin.

Jika benar Banjarmasin dinyatakan hijau pertengahan Oktober, maka kemungkinan untuk dibukanya kegiatan-kegiatan yang sebelumnya ditutup sangat bisa terjadi, termasuk sekolah.

Sebagian orang tua juga ada yang menginginkan segera agar sekolah kembali dibuka. Mereka mulai kewalahan. Sekitar tujuh bulan mengajari anak di rumah nilai sudah terlalu lama. Terlebih bagi yang bekerja, jadwal kegiatan harus disesuaikan.

Sejak 17 Maret sekolah di Banjarmasin ditutup akibat pandemi, dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias daring. Di sisi lain yang membuat berat soal kantong jebol. PJJ perlu anggaran belanja tambahan untuk beli kuota internet.

Lantas apakah ada rencana sekolah dibuka dalam waktu dekat? Pertanyaan ini disodorkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin, Totok Agustus Daryanto. “Awal November,” jawabnya.

Rencana ini memang belum fixed. Dengan kata lain, Disdik masih perlu mengambil beberapa pertimbangan. Membuka sekolah tentu harus diiringi persiapan yang matang agar resiko-resiko yang tak diinginkan bisa dihindari.

“Rencana di akhir Oktober akan dievaluasi. Jika dimungkinkan, maka akan kami rapatkan dengan Tim Gugus Tugas CoVID-19,” bebernya.

Persetujuan gugus tugas bukan hal yang mutlak. Pembukaan sekolah ini juga harus direstui para orang tua. Selain itu juga harus diatur regulasi penerapan belajar tatap muka ini. Agar benar-benar aman.

“Jika diputuskan bisa melaksanakan tatap muka harus dengan harus dengan persetujuan orang tua. Dan memenuhi beberapa hal seperti sarana prasarana dan kapasitas kelas,” tukasnya. (SU)

 155 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: