KONSISTENSI PERS Dalam Mengawal Pemko Banjarmasin Diapresiasi Ibnu Sina

Bagikan :
KONSISTENSI PERS Dalam Mengawal Pemko Banjarmasin Diapresiasi Ibnu Sina

SuarIndonesia — Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang digelar di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng) pada Rabu (9/2/2022) kemarin juga turut dihadiri oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai itu mengungkapkan apresiasinya terhadap insan pers yang tetap konsisten dalam mengawal pembangunan Kota Banjarmasin.

“Pemko Banjarmasin, merasa sangat terbantu dengan pers di Banjarmasin. Karena selama ini pers sudah menjadi mitra strategis pemko dalam mengawal pembangunan,” ucapnya dalam pesan suara yang diterima, Kamis (10/2/2022) pagi.

Menurutnya, perlindungan profesi wartawan dan kebebasan pers merupakan hal yang penting untuk terus dijalankan di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

“Karena kebebasan pers dan perlindungan profesi wartawan merupakan salah satu pilar demokrasi bangsa,” ungkapnya.

Di samping itu, Wali Kota Banjarmasin yang berhasil memecah mitos dua periode kepemimpinan di Kota Baiman itu juga menyampaikan pesan Presiden RI, Joko Widodo, yang ditujukan kepada para jurnalis di Banua.

“Sesuai amanat pak presiden, insan pers harus tetap menjaga optimisme dan membangun harapan di tengah masyarakat. Sehingga masyarakat bisa tangguh dalam menghadapi pandemi saat ini,” ujarnya.

 

KONSISTENSI PERS Dalam Mengawal Pemko Banjarmasin Diapresiasi Ibnu Sina (2)

 

Selain itu, Ibnu juga menyebut bahwa Presiden menyampaikan pesan terkait tantangan perubahan lanskap persaingan media dan literasi digital di era modernisasi saat ini.

Bukan tanpa alasan, menurut Ibnu, pola penyampaian informasi saat ini sudah agak bergeser dengan hanya mengejar klik dan viral.

“Ini harus segera dilawan dengan media arus utama yang sesegeranya bertransformasi mengisi era digital dengan karya jurnalistik yang berkualitas,” tuturnya.

Baca Juga :

WALIKOTA IBNU: SDM Kalimantan Siap untuk IKN

“Segera bangun ekosistem informasi yang sehat. Karena kita tidak ingin hanya menjadi pasar informasi global,” tambah Ibnu.

Tidak hanya sampai di situ. Ia juga memberikan reward kepada media arus utama yang tetap konsisten memberikan berita berkualitas dan mencerdaskan kepada masyarakat.

“Pers Indonesia harus percaya diri dalam menghadapi kompetisi global. Termasuk peran sertanya dalam rangka meningkatkan 8,4 juta UMKM kita agar naik kelas ke ekosistem digital,” imbuhnya.

Kemudian, dalam peringatan HPN tahun 2022 ini, Ibnu membeberkan, bahwa Presiden Jokowi juga meminta agar pemerintah kota dan insan pers harus mengutamakan isu-isu strategis.

“Beliau (Presiden Jokowi) juga berharap agar komitmen energi hijau dan lingkungan hidup menjadi isu utama yang harus kita kembangkan,” pungkasnya.

Terakhir Ibnu juga berterima kasih kepada semua insan pers yang ada di Kalimantan Selatan yang sudah berkontribusi turut membangun Banua agar menjadi lebih baik lagi.

Ia berharap pada peringatan HPN kali ini, membawa semangat lebih untuk para insan pers berkontribusi kepada rakyat, bangsa dan negara. (SU)

 389 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.