HARGANAS ke-29 Diperingati Pemko Banjarmasin

SuarIndonesia – Pemerintah Kota Banjarmasin Peringati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022, di Lobi Balai Kota Banjarmasin, Rabu (29/06/2022).

Peringatan Harganas ke-29 masih berfokus pada pencegahan stunting pada anak sejak dini berdasarkan program prioritas nasional, dengan tema Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting Keluarga Keren Cegah Stunting.

Dengan fokus terhadap stunting yang saat ini menjadi masalah di Kota Banjarmasin, dijelaskan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina karena stunting disebabkan oleh keluarga yang belum siap baik secara ekonomi dan psikologisnya.

“Stunting karena dari keluarga yang tidak siap secara ekonomi secara psikologis,” ujarnya.

Stunting sendiri merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak dengan tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya.

HARGANAS ke-29 Diperingati Pemko Banjarmasin-2

Orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini menyampaikan ada 3 pola untuk mencegah stunting dari keluarga. “Kita bisa mencegah stunting itu dengan 3 pola yaitu pola asuh, pola makan, dan sanitasi,” ucapnya.

Saat ini ada 14 Kelurahan yang menjadi fokus pemerintah Kota Banjarmasin karena tingginya angka stunting yang terjadi.

Berdasarkan tujuan dari pelaksanaan Harganas ke-29 ini maka Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat meningkatkan peran stakeholder, tokoh masyarakat, keluarga untuk memberikan edukasi pentingnya mencegah stunting sejak dini.

Ada pun faktor penyebab stunting pada anak salah satunya adalah dengan pernikahan anak dibawah umur, pernikahan di bawah umur tentu sangat rawan terjadinya stunting pada anak yang nanti lahir, selain karena tidak cukup pengetahuan, kestabilan emosi dan finansial, kesehatan alat reproduksi juga belum mempuni untuk hamil dan melahirkan di usianya.

Dari informasi terhimpun, peringatan tersebut dirangkai dengan penyerahan hadiah Lomba Bina Keluarga Balita, Lomba Bina Keluarga Remaja, Lomba Bina Keluarga Lansia, Lomba Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Lomba Orang Tua Hebat, Lomba Lansia Tangguh, dan Lomba Duta Genre.
Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman beserta Ketua DWP Kota Banjarmasin, Rusdiati, Forkopimda Kota Banjarmasin dan SKPD di lingkup Pemko Banjarmasin.(SU)

 139 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!