DIFINALISASI Dokumen Peta Rencana SPBE

SuarIndonesia – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin melaksanakan Forum Grup Discussion (FGD) Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Hotel Rattan In, Kamis (15/12/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika, S.T, M.T. Turut hadir Kepala BKD Diklat, Totok Agus Daryanto, Kepala Dinas Pendidikan, Nuryadi, Kepala Dinas PUPR, Ir Suri Sudarmadiyah, M.T, Kepala DPPKBPM, M Helfianoor, Kabid Apilkasi Informatika, Satria Yudha Lesmana, Sejumlah pimpinan dan perwakilan SKPD serta Narasumber dari PT Deira Sygisindo.

Menurut Satria, Laporan akhir dari dokumen arsitektur SPBE dalam tata rencana SPBE terdapat dua jenis, diantaranyq adalah dokumen arsitektur SPBE.

Dijelaskannya, dokumen arsitektur SPBE terdiri dari arsitektur proses bisnis, arsitektur layanan, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur infrastruktur dan arsitektur kanal informasi.

Kemudian ujarnya, untuk hasil dari dokumen tata rencana SPBE Kota Banjarmasin itu adalah target pengembangan SPBE kota Banjarmasin yang berupa target indeks SPBE dan target kuantitatif harapan SPBE.

Selanjutnya Satria mengungkapkan juga terdapat analisis kesenjangan yang berhubungan berupa domain kebijakan, analisis domain tata kelola dan domain layanan.

DIFINALISASI Dokumen Peta Rencana SPBE (2)

Terakhir katanya, dari laporan akhir tata rencana itu adalah berupa peta rencana SPBE kota Banjarmasin. “Nah ini berisi mengenai percepatan penerapan SPBE Kota Banjarmasin kemudian yang terakhir dari tata rencana ini adalah detail program dan kegiatan SPBE Kota Banjarmasin selama 5 tahun,” jelasnya.

Sementara itu, menurut salah satu Narasumber, Ir Nugroho Budi Priyanto M.Kom, memang hari itu adalah kegiatan dalam rangka melaporkan penyusunan arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik dan peta bencana

Di mana arsitektur itu akan menjadi dasar dan pertimbangan serta bagaimana mensinergikan segala pengembangan layanan dan aplikasi di lingkungan kota Banjarmasin.

“Ini yang diidam-idamkan, masa depan di mana nanti bagaimana mencapai apa yang akan diinginkan itu, melalui rencana yang sudah selesai dalam rencana SPBE,” ucapnya.

“Semoga apa yang kita hasilkan ini secara bersama-sama kita bisa manfaatkan untuk meningkatkan bagaimana pelayanan terhadap masyarakat maupun secara internal jadi lebih baik,” harapnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini laporan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik sudah selesai.

“Dari masukan yang ada nanti kami simpulkan lagi untuk supaya menjadi lebih baik komprehensif dan bisa jadi acuan yang berguna untuk selanjutnya,” tutupnya.(SU)

 388 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!