BPJN Kalsel Sikapi Longsor di Km 171 Satui Barat, Ini Catatannya

SuarIndonesia –Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), Syauqi Kamal mengatakan longsor jalan yang terjadi di Km 171 Satui Barat merupakan perubahan kondisi lingkungan dan ambruk ke galian tambang.

“Faktor penyebab longsor karena ada perubahan kondisi lingkungan di sisi jalan nasional,” katanya

Sementara ini pihak BPJN telah memeriksa rencana pembangunan jalur alternatif pada sisi jalan yang rusak, dengan tahap awal menakar kekuatan titik titik lahan yang akan dijadikan jalur dan setelahnya akan dibuka jalur jalan.

“Sebagai tindakan sementara, pembangunan fisik jalan yang rusak akan dikerjakan secara bertahap,” ujarnya.

Sementara ini, pihak berwenang di Tanah Bumbu sudah menyediakan jalan angkutan batubara sebagai jalur alternatif, pengendara harus memutar sejauh 1,8 kilometer melalui jalan pertambangan batu bara kemudian diarahkan kembali ke jalan Nasional.

Adapun dari pemeriksaan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel mencatat ada sepanjang sekitar 200 meter, dan ruas jalan ambruk ke lubang tambang itu dan setinggi 20 meter berstatus rawan longsor.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan H Gusti Abidinsyah SSos MM telah minta kerusakan pada tiap ruas jalan trans Kalimantan atau jalan nasional di provinsinya harus segera ditangani.

Seperti di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang baru-baru ini mengganggu pengguna jalan.

“Kalau perbaikannya tidak segera dilakukan bisa mengganggu kelancaran arus lalulintas, apalagi ruas jalan tersebut saat ini satu-satunya yang menghubungkan Banjarmasin ke Tanbu dan Kabupaten Kotabaru,” ujar Gusti Abidinsyah.

Komisi III DPRD Kalsel III akan segera memanggil pihak terkait, seperti dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, untuk melakukan rapat dengar pendapat.

RDP rencananya juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan kontraktor pelaksana pembangunan jalan tersebut.

“Pasalnya amblasnya jalan nasional ruas Satui Barat itu ke bekas galian tambang batu bara karena memang dekat kawasan pertambangan tersebut,” jelasnya.

Harapannya kepada pemerintah agar segera memperbaiki kerusakan tersebut jangan sampai berlama-lama, kasihan masyarakat yang melintas akan menjadi terganggu perjalannya

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu, SubhanSyah mengungkapkan ruas jalan nasional ang mengalami longsor pada Rabu (28/9/2022) malam, saat ini tengah dilakukan perbaikan sementara untuk tetap dilalui kendaraan bermotor.

“Karena masuk wilayah kita segera diperbaiki sementara, meski jalan tersebut wewenang Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), namun tetap dilakukan koordinasi dengan balai,“ Ucapnya via telpon. Kamis ( 29/9/2022).

Menurut Subhan, kelancaran mobilitas di jalur strategis ini, pihaknya sudah mulai mengerjakan rencana pembangunan jalur alternatif di sisi jalan rusak tersebut, dengan diberi tanda pada daerah longsor.

“Pihak PUPR menjamin pengguna jalan dapat melalui asalkan mematuhi peraturan yang di arahkan petugas di lapangan.

Namun hanya untuk mobil kecil atau keluarga dan dilarang mobil yang bermuatan besar atau bertonase yang dialihkan ke jalan alternatif,” katanya

Subhan mengakui di samping jalan tersebut terdapat rongga dan kondisi jalan yang labil ditambah lagi faktor alam dengan intensitas hujan tinggi, bahkan disamping terdapat galian tambang.

“Kita tidak mengetahui apakah tambang itu aktif, karena dirinya berujar bukan kapasitasnya,” bebernya

Dirinya juga menjelaskan selama menjabat sebagai Kepala PUPR Tanah Bumbu baru kali ini terjadi longsor di ruas jalan tersebut, dan tidak mengetahui apakah sebelumnya pernah terjadi longsor di wilayah Satui Barat.

Informasi yang diperoleh dari balai jalan, ujar Subhan mengenai perbaikan jalan tersebut untuk jangka panjang, akan dilakukan kajian mendalam dengan memeriksa kontur tanah dan dipridiksi selama enam bulan akan ada perencanaan perbaikan. (HM)

 

 8,202 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!