AWALNYA Ibnu Tak Sengaja Mengendorse Produk UMKM

AWALNYA Ibnu Tak Sengaja Mengendorse Produk UMKM

SuarIndonesia – Bermodal 77.4RB followers di akun instagramnya, calon Wali Kota Petahana Ibnu Sina rajin melakukan endorse atau mempromosikan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Produk yang dipromosikan melalui akun instagram @Ibnusina itu pun beragam, mulai dari kuliner, souvenir, kerajinan sasirangan, travel agen hingga barbershop.

“Sebagian memang adalah peserta Wira Usaha Baru (WUB) yang masuk dalam visi misi Banjarmasin Baiman. Produk-produk merekalah yang sebagian besar kami endorse,” ucap Ibnu.

Menurut Ibnu, langkah ini adalah sebuah upaya untuk mendigitalisasi produk UMKM agar bisa masuk di penjualan online, melalui program yang namanya ‘Rabu Seru’.

Cara ini lanjut Ibnu, juga adalah sebuah bentuk tanggung jawab dari program sebelumnya, agar pelaku usaha lebih mudah dalam menjual produknya. Terlebih di masa pandemi CoVID-19 yang saat ini masih berlangsung.

“Sebetulnya tidak sengaja mengendorse produk. Namun karena lebih pada tanggung jawab untuk mencarikan pasar bagi UMKM kita saja. Alhamdulillah terjadi peningkatan penjualan,” pungkasnya.

Lebih jauh Ibnu menjelaskan, pada tahun ini Pemerintah Kota Banjarmasin juga telah membangun sebuah monumen WUB di Rumah Sasirangan Kreatif (RSK), yang bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan UMKM naik kelas dalam bentuk mengikuti program selanjutnya di Wira Usaha Baru Banjarmasin Baiman.

Melalui program itu, pelaku usaha bisa mengikuti pelatihan, terkait dengan rumah kemasan. Termasuk juga bagaimana cara membuat sebuah produk itu layak jual.

“Sebagian juga kita tayangkan di Instagram pribadi. Cukup banyak yang mengikuti dan membeli produk-produknya,” tambah Ibnu.

Lantas bagaimanakah caranya agar bisa diendorse? Ibnu menerangkan caranya sangat sederhana. Bisa dengan pelaku usaha sendiri foto, kemudian mengupload dan ditag ke Instagram pribadinya lalu Ia repost.

Selain itu bisa juga dengan mengirimkan produk itu ke rumah pribadi. Lalu kemudian dibuatkan video dengan dirinya sebagai pemerannya kemudian diupload.

“Gratis, tidak ada ada biaya. Walaupun tetap kami check dulu riwayatnya agar tidak sembarangan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, program pembentukan Wira Usaha Baru (WUB) yang menjadi salah satu visi misi Banjarmasin Baiman telah terealisasi dan bahkan melampaui target.

Di tahun keempat kepemimpinan Ibnu-Herman, tercatat ada 2.847 WUB berhasil mereka ciptakan melalui campur tangan tujuh SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin. (SU)

 190 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: