30 RIBU MASKER Gratis Siap Dibagikan, Hasil Produksi 5 Kelompok WUB

30 RIBU MASKER Gratis Siap Dibagikan, Hasil Produksi 5 Kelompok WUB

SuarIndonesia – Lima kelompok Wira Usaha Baru (WUB) mendapat dukungan secara langsung dari Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam upaya pengembangan usahanya.

Dukungan yang diberikan orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini pun tak tanggung-tanggung. Setidaknya 30 ribu masker hasil olahan lima kelompok WUB dari Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin.

Kemudian dari kelompok Kampung KB Kampung Baiman, dan dari Pokdarwis binaan Dekranasda dan difabel dikumpulkan, lantas akan dibagikan kepada masyarakat membutuhkan yang terdapat di 52 kelurahan secara gratis.

Menurut H Ibnu Sina, pembagian masker gratis itu dimaksudkan untuk mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru, dan untuk membiasakan masyarakat berdisiplin dalam menjalankan aturan protokol kesehatan.

“Ini dalam rangka kita mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru soal adaptasi kebiasaan baru dan juga disiplin dalam protokol kesehatan terutama dalam menggunakan masker sebagainya, ujarnya, Sabtu (08/08).

Dijelaskannya, wabah Covid-19 ini tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga berdampak pada kegiatan sosial serta ekonomi masyatakat.

Untuk dampak kesehatan, lanjutnya, saat ini sudah ditangani oleh Tim Gugus Percepatan Penanggulanan Wabah Covid-19.

Untuk dampak sosialnya ditangani dengan menggunakan program jaring pengaman sosial, di mana sudah dibagikan sekira 52 ribu paket sembako kepada masyarakat.

Sedangkan dampak ekonominya, katanya lagi, saat ini sedang diupayakan pemerintah dan stakeholder tekait dengan cara pemberdayaan masyarakat melalui program yang ada dalam APBN, dan program bantuan Presiden untuk Industri Kecil Menegah (IKM) dan Usaha Kecil Menegah (UKM).

Tak hanya itu, bebernya, dari Pemko Banjarmasin juga tersedia program penanggulangan dampak ekonomi akibat wabah virus mematikan itu yang diambil dari Dana Insentif Daerah (DID) dan disalurkan melalui 7 SKPD untuk memulihkan ekonomi masyarakat dengan cara pemberdayaan masyarakat.

“Kemudian ada lagi dari program ASN Peduli, seperti pengadaan masker, APD, dan sebagainya,” jelasnya.

Pembentukan WUB di kota ini merupakan program dari visi dan misi Pemko Banjarmasin. Di mana ditargetkan dalam 5 tahun akan terbentuk 2.500 WUB.

Dari data yang tercatat untuk program tersebut, ungkapnya, hingga Bulan Mei tahun 2020 ini telah terbentuk sekira 2.947 WUB.

“Jadi sudah melampaui target di tahun ke 4 ini. Saya prediksikan mudah-mudahan sampai tahun ke 5 di tahun 2021 nanti bisa mencapai 3 Ribu lebih Wira Usaha Baru , yang kemudian akan diseleksi menjadi seribu wira usaha baru unggulan,” katanya.

Dengan terbentuknya WUB binaan itu, ia berharap, ke depannya para WUB tetap eksis dan bisa mandiri membuka usaha, sehingga bisa meningkatkan pendapatannya.

“Mudah-mudahan wira usaha baru dari UKM bisa berkembang menjadi wira usaha besar, sehingga pada tahun 2022 atau 2023 mereka sudah bisa merekrut tenaga kerja,” pungkasnya.(SU)

 415 total views,  3 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: