TURUNAN PROGRAM Gendong Ulun Dibeberkan AnandaMu yang Manfaatnya bagi UMKM

TURUNAN PROGRAM Gendong Ulun Dibeberkan AnandaMu yang Manfaatnya bagi UMKM

SuarIndonesia – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda dan Ustadz H Mushaffa Zakir Lc mengikuti kegiatan debat publik yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Jumat (30/10/2020) lalu di Stasiun TVRI Kalsel.

Dalam debat tersebut pasangan yang mewakili kaum ibu dan millenial ini membeberkan sejumlah turunan program dari Gerakan Dorong Usaha Lokal Untuk Naik Kelas atau Gendong Ulun.

“Di program Gendong Ulun ada banyak program turunan yang akan kita laksanakan untuk pengembangan UMKM jika terpilih kelak. Hal ini bertujuan agar pengembangan UMKM kita bisa manuntung tidak hanya asal mencetak UMKM saja,” tegas Calon Wakil Walikota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir Lc.

Ada pun turunan program Gendong Ulun yang akan dilaksanakan di antaranya bedah warung, pelatihan manajemen usaha hingga keterampilan bagi UMKM, bantuan promosi produk dan jasa, pendampingan UMKM, mempermudah perizinan usaha hingga bantuan permodalan dengan menggandeng perbankan dan BUMD serta BUMN.

“Selain itu kita juga akan dorong agar UMKM bisa memanfaatkan metode pembayaran non tunai. Hal ini penting di tengah majunya era digitalisasi sekarang,” jelas mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Banjarmasin tiga periode itu.

Sementara itu, Calon Walikota Banjarmasin Hj Ananda menambahkan, jika dirinya bersama Ustadz H Mushaffa Zakir Lc memimpin Kota Banjarmasin, maka mereka juga akan fokus mendorong peningkatan kualitas produk dan jasa UMKM agar dapat semakin diterima oleh pasar.

“Kalau produk dan jasa UMKM punya kualitas saya meyakini mereka tidak perlu lagi harus mengejar pasar nasional dan internasional. Pasar lokal saja cukup untuk menyerap produk mereka,” kata Runner Up 1 Puteri Indonesia Tahun 2006 itu.

Untuk bisa mendorong peningkatan kualitas produk dan jasa UMKM inilah nantinya akan dibuat sebuah wadah pembinaan khusus yaitu Rumah Perezekian. Di sini nantinya UMKM akan dibina mulai dari hulu dan hilir sampai bisa membuat produk atau jasa yang layak diterima oleh pasar.

“Rumah Perezekian tidak hanya untuk UMKM yang sudah ada saja, masyarakat yang ingin berwirausaha pun juga bisa memanfaatkan Rumah Perezekian untuk dibantu mengkonsep usaha dan produknya sampai nanti benar-benar siap dilaunching di pasaran,” imbuhnya.

Sekadar diketahui dalam kegiatan debat publik pertama tersebut, Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda dan Ustadz H Mushaffa Zakir Lc nomor urut 4 dengan tagline berbenah bersama ini menyampaikan visinya adalah Kayuh Baimbai Manuju Banjarmasin Bauntung Batuah. Ada pun misinya yaitu berbenah di bidang kesehatan, berbenah di bidang keagamaan dan pendidikan, berbenah bidang kesejahteraan dan berbenah bidang keamanan sosial dan infrastruktur.

Lalu ada 4 program unggulan AnandaMu yang akan diusung jika terpilih memimpin Kota Banjarmasin selama 3,5 tahun mendatang, yaitu pertama Gerakan Dorong Usaha Lokal Untuk Naik Kelas (Gendong Ulun), kedua Bertahan Pulih Bangkit Hingga Covid 19 Selesai (Batapih Bahalai), ketiga Emak Berdaya Tangguh Pandai dan Berpenghasilan (Ember Tapasan) dan keempat Bantuan Pendidikan Selama Pandemi (Bapespa).(SU)

 79 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: