Sultan Banjar Bertekad Majukan Olahraga

Sultan Banjar Bertekad Majukan Olahraga

Suarindonesia – Tepat di Hari olahraga Nasional 2018, Perkembangan olahraga di Kalimantan Selatan yang seakan jatuh bangun mendapatkan sorotan dari tokoh masyarakat Kalimantan Selatan, Sultan Banjar Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah, Senin (10/9/2108).

Khairul Saleh mengucapkan selamat HAORNAS hari olah raga nasional 2018 semoga spirit dan sportifitas olah raga mampu menjadi salah satu modal dasar pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

Khairul Saleh juga mengatakan bahwa walau provinsi Kalimantan Selatan sempat merasakan kegagalan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 mendatang, menurutnya, masyarakat Banua jangan berkecil hati dan pesimis.

kegagalan tersebut harus dijadikan semangat untuk berbenah segala sistem dan fasilitas olahraga di Kalimantan Selatan.

“Ini harus dijadikan suntikan semangat untuk kita membenahi dunia olahraga di Kalsel,” ucapnya kepada Suarindonesia.com melalui sambungan WhatsApp.

sebagai tokoh masyarakat Kalimantan Selatan, Sultan Banjar mengatakan bertekad akan memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan olahraga di Kalimantan Selatan.

Diantara bukti pengabdian dalam membangun dunia olahraga yang jatuh bangun tersebut yaitu dengan dibangunnya Stadion Demang Lehman ketika dirinya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Banjar dua periode lalu, sebuah stadion yang megah dan berkapasitas 15000 lebih penonton.

Menurutnya, Pemberian Nama Stadion Demang Lehman bukan karena tanpa alasan, tetapi bertujuan mentransfer semangat seorang Demang Lehman kepada generasi muda Banua. Demang Lehman adalah salah seorang pejuang terkenal dalam sejarah Perlawanan terhadap kolonealisme ditanah Banjar.

“atas keberanian beliau dalam bertempur maka beliau sangat ditakuti penjajah Belandaā€¯ cetusnya.

Ia menambahkan, Stadion yang diresmikan pada Jumat, 18 Januari 2013 lalu merupakan stadion yang dibangun tidak hanya didalam rangka persiapan & persembahan Kabupaten Banjar Sebagai Tuan Rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Kalsel tahun 2013 tetapi lebih kepada perkembangan olah raga & semangat juang para atlet Banua di semua cabang olah raga untuk berprestasi.

Saat ini Kalsel mempunyai 2 stadion besar yaitu stadion 17 Mei di Banjarmasin dan stadion Demang Lehman di Martapura, Ia sangat berharap kepada Pemerintah untuk terus membenahi dan melengkapi fasitas fasilitas pendukungnya yang berstandar internasional sehingga kedua stadion tersebut dapat menjadi wadah bagi event event nasional dan internasional sebagaimana Palembang yang bisa menjadi salah satu kota tuan rumah Asian Games 2018 yang lalu. (BY)

 280 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: