SUDAH DIPLTKAN Kadis Kosong Pemko Banjarmasin

Bagikan :
SUDAH DIPLTKAN Kadis Kosong Pemko Banjarmasin

SuarIndonesia — Usai melantik 12 pejabat eselon II pada Jumat (4/2) sore yang lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin memutuskan untuk langsung mengisi kekosongan posisi pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, bahwa posisi kepala SKPD yang kosong saat ini sudah di isi oleh Pelaksana Tugas (Plt) kepala dinas ataupun kepala badan.

“Eselon II yang kosong kami Plt-kan untuk sementara,” ucapnya saat ditemui awak media di lobi Balai Kota, Senin (7/2/2022).

Ia menjelaskan, untuk mengisi kekosongan tersebut, posisi pejabat tinggi pratama yang losong itu harus melalui proses lelang terlebih dahulu, alias tidak mungkin langsung diisi oleh pejabat definitif secara instan.

“Ada yang diisi oleh kepala bidang dan sebagian sekertaris,” ungkapnya.

“Kecuali Dinkes yang diisi oleh Pak Machli, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin. Dan BPKPAD yangblangsuhg diisi oleh Sekda, Pak Ihsan Budiman,” tambahnya

Status Plt tersebut menurutnya hanya bersifat sementara sembari menunggu terbitnya izin atau rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk membuka lelang jabatan.

“Sebenarnya ada 14 posisi Eselon II yang kosong, tapi mungkin yang kami lelangkan nanti hanya 13 saja,” tukasnya.

Baca Juga :

TINGGAL Validadi Kemenpan RB, Penyederhanaan Esselon Lingkup Pemprov Siap Dilaksanakan

Satu jabatan Eselon II yang tidak masuk dalam lelang nanti adalah posisi Staf Ahli Wali Kota. Lantas, mengapa posisi ini tidak dimasukkan dalam daftar lelang jabatan?

“Staf Ahli ini masih dalam pertimbangan, mau dibuka atau tidak,” ujarnya.

Sekadar diketahui, 13 posisi kepala SKPD yang kosong saat ini ada di Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Kemudian, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan serta Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM).

Lalu, juga ada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Damkar dan Penyelamatan, Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Banjarmasin

Lalu, kapan sebenarnya proses lelang jabatan ketigabelas kepala SKPD yang kosong tersebut dibuka?

Terkait hal itu, Ibnu mengaku bahwa pihaknya akan secepatnya membuka lelang tersebut, mengingat banyaknya posisi jabatan kepala SKPD yang memerlukan pimpinan definitif.

“Sebulan targetnya, kemungkinan dua pekan ke depan sudah kita umumkan. Surat lelang sudah di ajukan ke KASN, tinggal menunggu persetujuan saja lagi. Karena kalau Plt itu kan maksimum 3 bulan,” janjinya.(SU)

 347 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.