PENGEMBANGAN PEMAIN, PSSI Kirim Pemain Muda ke Klub Eropa

PENGEMBANGAN PEMAIN, PSSI Kirim Pemain Muda ke Klub Eropa
PSSI memaparkan pihaknya sudah punya program untuk pengembangan pemain muda.(Foto/Indosport)

SuarIndonesia – Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan memaparkan pihaknya sudah punya program untuk pengembangan pemain muda. Salah satunya adalah mengirimkan pemain di usia 15-18 tahun ke klub-klub Eropa.

Iwan Bule (sapaan Iriawan) menjelaskan sudah menjalin komunikasi dengan beberapa federasi negara Eropa. Spanyol dan Portugal disebut terbuka dengan program yang dicanangkan PSSI

“Beberapa program akan diluncurkan, kami akan kirim pemain usia 15 sampai 18 tahun ke klub luar. Mungkin dua pemain dalam satu klub dan akan kami komunikasikan siapa yang akan berangkatkan mereka,” katanya dalam webinar ‘Mendesain Prestasi untuk Go Internasional’.

“Lalu kami juga akan kirim pelatih ke negara yang maju sepak bola. Kalau tak ada Covid, sudah kerja sama dengan negara Eropa, ada Spanyol dan Portugal,” imbuh Iwan Bule.

PSSI memang terus melakukan pembinaan pemain muda. Federasi telah menggelar kompetisi kelompok usia dalam dua tahun terakhir yakni Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18.

Selain itu, PSSI bekerja sama dengan pihak swasta untuk melakukan seleksi terhadap pemain muda dan mengirimnya berlatih di Inggris dalam program Garuda Select. Sejauh ini, program Garuda Select sudah masuk generasi ketiga dan dilatih oleh legenda Chelsea, Dennis Wise serta Des Walker.

Kualitas jebolan EPA dan Garuda Select pun terbukti mumpuni. Para pemain muda tersebut banyak yang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-16 dan U-19. (BolaSport/RA)

 126 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: