PEMUNGUTAN SUARA ULANG Pilwali, KPU Perlu 720 PPK dan KPPS

PEMUNGUTAN SUARA ULANG Pilwali, KPU Perlu 720 PPK dan KPPS

 

SuarIndonesia – Menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga kelurahan pada 28 April 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin mulai membuka perekrutan petugas adhoc.

Sesuai amar putusan Mahkamah Konstitusi, seluruh petugas adhoc mulai dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) hingga KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) harus merupakan petugas yang baru.

Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Taufiqurrakhman menjelaskan jumlah petugas adhoc yang mereka butuhkan sebanyak 720 orang.

Menurutnya, jumlah itu sendiri sudah mencakup 80 TPS dari tiga kelurahan yang akan menggelar PSU.

“Untuk setiap TPS itu ada 7 petugas KPPS dan ditambah 2 pengamanan TPS. Serta 5 petugas PPK yang baru semua,” jelasnya saat ditemui awak media di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin, Selasa (30/03/2021).

Sehingga, KPU Kota Banjarmasin bakal membuka perekrutan petugas adhoc yang baru tersebut mulai 31 Maret hingga 1 April 2021 mendatang.

Jika kapasitas jumlah petugas belum terpenuhi, KPU Banjarmasin akan memperpanjang masa pendaftaran sampai 2 April 2021.

Kemudian, tahapan yang harus dilalui oleh calon petugas adhoc yang baru tersebut harus melalui berbagai proses tahapan salah satunya tes tertulis.

Ia menerangkan bahwa tahapan tersebut dilakukan pada 5 April hingga penetapan dan pelantikan anggota PPK tanggal 10 April. Serta bimbingan teknis tata kerja PPK pada 11 April mendatang.

Lebih jauh, pria dengan sapaan Taufiq itu menyebutkan bahwa secara keseluruhan KPU Kota Banjarmasin sudah siap menggelar PSU, baik dari segi anggaran maupun kebutuhan.

Lantas, apakah dalam proses penyelenggaraan PSU yang dilakukan di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan itu sudah siap?

Tautif mengakui bahwa saat ini seluruh logistik untuk gelaran PSU juga dipastikan sudah mencukupi.

“Untuk logistik sudah dipastikan aman. Dari sisa Pilkada 9 Desember lalu ditambah yang baru ini,” pungkasnya. (SU)

 229 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: