PEMILU SERENTAK 2024 Siap Disosialisasikan KPU Banjarmasin

SuarIndonesia – Setelah resmi dilaunching, Pemilu Serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin mendapat tugas pertama, yakni mensosialisasikan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu.

KPU Kota Banjarmasin sendiri mengikuti peluncuran tahapan tersebut bersama sejumlah Stakeholder dan perwakilan Partai Politik (Parpol).

Bertempat di Aula KPU Kota Banjarmasin lantai 3, Jalan Perdagangan, Kecamatan Banjarmasin Utara, seluruh jajaran Komisioner KPU Banjarmasin beserta Stakeholder dan perwakilan Parpol terlihat fokus saat diluncurkannya tahapan Pemilu 2024 tersebut.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah mengatakan, seluruh KPU baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia melaksanakan peluncuran tahapan itu.

“Jadi peluncuran tahapan pemilu ini yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” ucapnya, Selasa (14/06/2022) malam.

Menurutnya, dengan diluncurkannya tahapan Pemilu 2024 ini, artinya pelaksanaan Pemilu 2024 sudah dimulai dengan resmi dikeluarkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) jadwal penyelenggaraan Pemilu Serentak.

“Sejak hari ini sudah resmi hingga 20 bulan kedepan menuju pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024,” ucapnya.

Setelah diluncurkannya tahapan ini, selanjutnya KPU Kota Banjarmasin akan langsung melakukan sosialisasi tahapan.

“Yang pertama pastinya kita akan melakukan persiapan sosialisasi. Jadi sosialisasi yang akan kita gaungkan yaitu hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024,” lanjutnya.

Namun untuk saat ini pemutakhiran data pemilih, dikatakan Rahmiyati Wahdah, masih dipergunakan pemilih berkelanjutan.

“Jadi nantinya pemutakhiran data pemilih apabila sudah diberikan data oleh Dirjen Dukcapil, maka akan kita lakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pada Oktober 2022 ini,” terangnya.

Baca Juga :

TAHAPAN Pemilu 2024 Dimulai, Bawaslu Kalsel Siap Mengawal

Sejauh ini untuk data pemilih berkelanjutan, dikatakan Rahmi, bahwa sampai saat ini sudah ada sebanyak 448.792 pemilih.

“Jadi ini termasuk pemilih baru dan Pemilih tidak memenuhi syarat. Untuk pemilih tidak memenuhi syarat ini yakni orang tersebut sudah meninggal dunia, pindah keluar dan ada juga mereka yang masuk sebagai TNI Polri,” bebernya.

“Sedangkan pemilih baru ini termasuk pemilih pemula yang berumur 17 tahun dan pensiunan TNI Polri,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan partai politik yang ikut launching Pemilu 2024 dari partai Demokrat, Kurniawan mengatakan, sudah siap sepenuhnya untuk mengikuti kontestasi politik lima tahunan di Republik Indonesia ini.

Bukan tanpa alasan, ia mengaku pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan Demokrat pusat.

“Kita siap sepenuhnya. Tinggal menunggu Juknis PKPU beserta teknisnya,” ucap Kurniawan.

Tidak tanggung-tanggung, pada kontestasi politik tahun 2024 mendatang, DPC Demokrat Kota Banjarmasin mengusung target maksimal dengan meraih kursi ketua DPRD kota Banjarmasin. Guna merealisasikan target tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan kerangka calon yang akan diusung.

“Kita sudah mempersiapkan kader atau kerangka calon yang akan kita usung. Jumlahnya maksimal 45 calon,” ungkapnya.

Setali tiga uang, DPC Partai Gerindra kota Banjarmasin juga tidak ingin ketinggalan. Partai besutan Prabowo Subianto ini juga sudah mulai memanaskan mesin dengan membuka pendaftaran caleg sejak tanggal 26 Mei tadi.

“Masih ada waktu, siapapun boleh mendaftar. Nanti akan kami seleksi fit and proper test. Bagi yang lolos, akan kami usung dan siap bertarung di 2024,” ungkap sekertaris DPC Gerindra kota Banjarmasin, Husaini.

Sama seperti DPC Demokrat Kota Banjarmasin, partai Gerindra juga mematok target untuk menjadi pemenang.

Husaini mengakui saat ini pihaknya masih berupaya membenahi kepengurusan dan melakukan regenerasi. Kendati, dirinya menegaskan hal itu tidak mempengaruhi kesiapan partai Gerindra kota Banjarmasin dalam menyongsong pelaksanaan pemilu 2024.

‘Sejauh ini tidak ada kendala. Tapi kami masih berproses di kepengurusan dan mempersiapkan kader baru,” tuntasnya.(SU)

 138 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!