OLAHRAGA LARI Bersama Mobil Kecil Dilakukan Banjarmasin Street Mini 4WD

Bagikan :
OLAHRAGA LARI Bersama Mobil Kecil Dilakukan Banjarmasin Street Mini 4WD

SuarIndonesia — Siapa yang mengira olahraga lari sambil bermain mobil kecil jenis mini 4 Wheel Drive (4WD) menjadi kegiatan olahraga yang menyenangkan.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas Banjarmasin Street Mini 4WD ini. Para anggota komunitas pencinta mobil mainan ini terlihat asik berlari di lintasan semen. Di belakangnya, sembari memegang sebuah tongkat kayu, sang pemilik berlari mengiringi.

Ketika salah satu Mobil Mini 4 WD yang digiring Runner (orang yang mengendalikan arah mobil 4 WD) itu keluar lintasan, menjadi momen yang lucu bagi mereka.

Sebaliknya, sorak sorai terdengar ketika pemiliknya sukses memandu Mobil Mini 4 WD yang melaju hingga ke garis finish.

Pada Minggu (6/2/2022) petang, Mobil Mini 4 WD itu dimainkan di atas lintasan semen, di ruang terbuka di Citra Land Banjarmasin.

Mobil Mini 4 WD yang melibas trek semen itu sudah disetting khusus. Laju mobil, disesuaikan dengan stamina pelari (runner) atau si pemilik Mini 4 WD).

“Bila kuat berlari, boleh saja diseting kencang. Kalau gak kuat lari, ya disetting pelan,” ucap salah seorang Runner, Qodri.

“Selain settingan ‘mesin’ atau dinamo dan baterai, ban yang dipakai di mobil ini umumnya memakai ban busa. Agar bisa melibas medan dengan nyaman,” tambahnya.

Bersama Qodri, ada sejumlah runner lainnya yang memainkan Mobil Mini 4 WD itu. Selain memegang mobil, masing-masing runner juga memegang guide stick atau tongkat pemandu. Yang ujungnya terbuat dari kayu atau plastik fiber.

Kegunaannya, agar bisa mengontrol arah, ke mana Mobil Mini 4 WD itu melaju.

Bila si runner ingin mobil ke arah kiri, maka stick ditempelkan ke bodi mobil sebelah kanan. Sebaliknya, bila si runner ingin mobil diarahkan ke kanan, maka stick pun ditempelkan ke bodi bagian kiri.

Selain melaju mengitari lintasan semen untuk otoped atau sepatu roda itu, Qodri dan rekan-rekannya juga menambah variasi trek yang dilalui, yakni, dengan memasang halang rintang.

Jika pernah menyaksikan para pemain bola berlatih menggiring bola secara zig-zag, maka seperti itu pula para runner memandu laju Mobil Mini 4 WD-nya.

Runner lainnya, Basir menjelaskan dalam permainan ini, setidak ada tiga kategori yang biasa dilombakan, baik single, per tim, hingga estafet beregu.

“Sedangkan untuk lintasan yang dipakai, bebas saja. Mau di aspal pun bisa. Di taman, di halaman parkir, atau pun jalanan kompleks. Tidak asa trek khusus,” ungkapnya.

Mengingat permainan ini juga menuntut adanya stamina, sebelum permainan dimulai, runner mesti melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu.

Tujuannya, apalagi kalau bukan untuk menghindari terjadinya cedera saat berlari.

“Umumnya sih, kram di kaki,” ucapnya.

“Kalau untuk perlengkapan lain, disamping guide stick dan Mini 4 WD, yang diperlukan paling sepatu. Biar berlarinya bisa lebih nyaman,” tambahnya.

Ya, bagi Qodri dan Basir, juga rekan-rekan yang bermain Mobil Mini 4 WD itu, mainan ini tidak hanya sekedar mengasyikan, tapi juga menyehatkan.

“Bermain sambil berolahraga? Mengapa tidak. Bila Mini 4 WD balap di trek khusus, yang lebih banyak mengandalkan otak, di sini fisiknya juga bekerja, bahkan seluruh anggota tubuh,” imbuhnya.(SU)

 536 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.