MEROKET Hingga Puluhan Kasus, Kadinkes Ajak Tingkatan Waspada Cegah Gelombang Tiga

Bagikan :
MEROKET Hingga Puluhan Kasus, Kadinkes Ajak Tingkatan Waspada Cegah Gelombang Tiga

SuarIndonesia — Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjarmasin kembali meroket. Bahkan dalam satu hari angka Covid-19 di Bumi Kayuh Baimbai ini bertambah puluhan kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi membeberkan bahwa ada kemungkinan kondisi yang terjadi saat ini merupakan gelombang ketiga untuk pandemi virus yang menginfeksi jaringan pernafasan manusia tersebut.

“Bisa jadi seperti itu karena percepatan lonjakan kasus cukup signifikan, dalam waktu harian tercatat penambahan 30 sampai dengan 50 kasus per hari,” beber mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum Kalsel itu, Minggu (30/1/2022) malam.

“Bahkan, per hari Minggu (30/1/2022) ini saja, kasus positif kita sudah menembus angka 101,” tukasnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 itu terjadi di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

“Tentu penyebarannya karena memang saat ini penerbangan sudah dibuka tanpa batasan dari daerah mana pun orang boleh masuk Banjarmasin dan sebaliknya,” ungkapnya.

Baca Juga :

TERUS NAIK! Kalsel Sumbang 44 dari Sebaran 10.185 Kasus Baru Covid-19 di Indonesia, DKI 5.268

Yang kedua, Machli melanjutkan, pihaknya mengakui bahwa adanya kelonggaran disiplin prokes seperti dalam penggunaan masker yabg membuat masyarakat agak lengah.

“Ketiga tentu hal yang paling penting bagi kita adalah membentuk kekebalan kelompok di masyarakat mendorong masyarakat untuk segera ber-Booster supaya kita bisa melindungi warga lansia dan kelompok rentan yang lainnya,” tukasnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar segera untuk menyempurnakan vaksinnya dengan Booster.

“Vaksin Booster sudah bisa di semua Puskesmas dan halaman Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin
Boster,” katanya.

Ia menjelaskan, booster vaksin tersebut bermaksud untuk melindungi para lansia Dari paparan virus Corona yang saat ini sudah bermutasi dengan berbagai macam varian.

“Hal yang terpenting saat ini adalah mewujudkan Banjarmasin herd immunity atau kekebalan kelompok agar kita bisa melindungi lansia dan kelompok rentan lainnya,” tegas Machli.

“Tugas utama kita saat ini adalah mempercepat pembentukan kekebalan kelompok dengan menghimbau kepada masyarakat untuk ber vaksin agar kita bisa mengatasi ancaman gelombang ketiga ini,” tandasnya. (SU)

 230 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.