Karena Zulkifli Bukan Mulfachri

Karena Zulkifli Bukan Mulfachri

Oleh
Tutur Sutikno
Wasekjend DPP PAN

Sedih sebenarnya membaca tulisan terbaru Timses Mulfachri Harahap (MH) tentang Zulkipli Hasan (ZH). Sedih karena di tulisan itu Timses MH dengan entengnya menganggap Saudara kita Ketua Ketua DPD PAN hanya sebagai deretan angka-angka, prosentase dan statistik dukungan. Tak ada niat baik memanusiakan apalagi memuliakan.

Saudaraku Timses MH, Bang Zul berbeda dengan Caketum anda. Bagi Bang Zul Ketua Ketua DPD dan DPW adalah saudara, rekan sekaligus sahabat dalam membesarkan partai. Mereka harus dimuliakan, bukan malah dianggap sekadar statistik dukungan.

Sebelum MH dan Tim sibuk Roadshow jelang Kongres ini, Bang Zul selama 5 tahun sudah menyapa saudara saudara kita Ketua DPD se Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Di mana Ketua Fraksi MH waktu itu? Tebakan saya, mungkin MH sedang sibuk renovasi ruangannya di Lantai 19 DPR.

Intensitas komunikasi selama 5 tahun itulah yang membuat Bang Zul percaya dan tak pernah berprasangka buruk pada saudara kita Ketua Ketua DPD dan Ketua Ketua DPW.

Kepada Saudara kita Ketua Ketua DPD se Sumbar dan Aceh yang datang ke pertemuan di Medan itu misalnya, Bang Zul tak khawatir apalagi panik. Bang Zul percaya, mereka sudah paham luar dalam siapa Zulkifli dan siapa Mulfahri.

Saudaraku Timses MH, Bang Zul berbeda dengan Caketum anda. Bagi Bang Zul ada yang lebih tinggi dari soal dukung mendukung, yaitu persaudaraan dan persahabatan. Itulah yang mengikat rasa saling percaya dan memupus rasa saling curiga.

Mau bukti? Lihatlah foto-foto Silaturahmi Bang Zul dengan DPD dan DPW di berbagai tempat. ‘Kita tak akan menemukan pose Bang Zul melipat tangan di depan perut dengan muka tegang dan cemberut.’ Bang Zul tampil apa adanya, terbuka dan tanpa jarak. Suasana pertemuan juga gembira dan rileks.

Dalam pertemuan di berbagai tempat itu, Bang Zul juga berani bicara atas nama dirinya sendiri. ‘Poin ini perlu ditulis karena ada Caketum yang nampaknya tak cukup berani tampil sebagai dirinya sendiri di hadapan DPD dan DPW.

Siapa dia? Tentu pembaca tahu siapa orangnya.

 763 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: