DITUNDA Piala Dunia U-20, 3 Bintang U-19 Ini Bisa Naik Level ke Timnas U-23

DITUNDA Piala Dunia U-20, 3 Bintang U-19 Ini Bisa Naik Level ke Timnas U-23
Ketiga pemain Timnas U-19 yang layak diproyeksikan untuk memperkuat Timnas U-23 di antaranya adalah Witan Sulaeman, Elkan Baggott, dan Brylian Aldama.(Foto/Dok.PSSI)

 

SuarIndonesia – Batalnya gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun ini membuat beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 harus mengubur mimpi mereka. Meski tak bisa lagi memperkuat Indonesia di Piala Dunia yang rencananya digelar pada 2023 nanti, namun mereka dapat kesempatan untuk naik level.

Meskipun harus gigit jari karena tak bisa bermain di Piala Dunia U-20 pasca FIFA memutuskan gelaran tersebut ditangguhkan hingga 2023, namun 3 bintang Timnas U-19 ini akan mendapatkan kesempatan lain yakni naik level nmemperkuat Timnas U-23 di ajang SEA Games.

Timnas U-19 sebenarnya masih memiliki satu agenda lain yakni ajang Piala Asia U-19 yang akan digelar di Uzbekistan. Namun event tersebut kini santer diberitakan juga akan dibatalkan karena kondisi pandemi corona yang tak juga mereda malah semakin menjadi.

Beberapa pemain yang sudah mencapai usia di atas 20 tahun tentu tak bisa lagi bermain pada 2023 mendatang. Meski begitu, PSSI sudah memproyeksikan ketiga bintang Timnas U-19 ini untuk bisa naik ke Timnas U-23 untuk berlaga di SEA Games 2021.

“Anak-anak ini direkomendasikan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, sebagian bisa menjadi pemain timnas U-22 untuk SEA Games 2021,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Ketiga pemain Timnas U-19 yang layak diproyeksikan untuk memperkuat Timnas U-23 di antaranya adalah Witan Sulaeman, Elkan Baggott, dan Brylian Aldama. Berikut INDOSPORT merangkum tiga fakta ketiga bintang Timnas U-19 yang berpotensi naik level.

Witan Sulaeman sering disebut-sebut sebagai pemain Timnas U-19 terbaik saat ini. Selama Timnas U-19 melakukan pemusatan latihan alias TC di Kroasia, Witan menjadi top skorer untuk skuat asuhan Shin Tae-yong itu dengan total tiga gol.

Witan tampil dominan di antara striker Timnas U-19 lainnya. Witan kini mendapatkan kesempatan untuk membela klub Serbia FK Radnik Surdulica yang akan makin mengasah kemampuannya di lini depan.

Kehadiran Witan tentu akan menjadi tambahan amunisi yang sempurna untuk Timnas U-23 ditambah pengalamannya yang juga memperkuat Timnas U-22 di SEA Games 2019

Elkan Baggott tampil gemilang di lini belakang Timnas Indonesia U-19. Pemain blasteran Indonesia-Inggris itu langsung menjadi pilihan utama Shin Tae-yong saat pemusatan latihan di Kroasia.

Postur tinggi Elkan dianggap menjadi kelebihan bagi penggawaa Ipswich Town itu selama mengawal lini belakang Timnas U-19. Bahkan bersama Ipswich, Elkan kerap kali dipercaya untuk memperkuat tim junior hingga kini mulai dipromosikan ke tim utama.

Ia kerap kali mencetak gol untuk kemenangan Ipswich di beberapa ajang. Hal itu membuktikan kemampuan menyerang pemain yang juga berdarah Thailand itu.

Brylian Aldama memang tak mendapatkan menit bermain sebanyak  Elkan Baggott saat pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia lalu. Namun kehadirannya cukup dibutuhkan di lini tengah tim.

Witan berhasil mencatatkan dua gol di laga uji coba Timnas U-19. Ia dikonfirmasi memperkuat klub Kroasia HNK Rijeka dan kini tinggal menunggu kontrak resmi.

Brylian dilaporkan akan dikontrak selama 18 bulan. Ia diberi kesempatan enam bulan untuk adaptasi dan 12 bulan untuk membuktikan diri layak bersaing di tim utama.(IndoSport/RA)

 176 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: