DIGELEDAH Kantor Bank Perkreditan Rakyat, Penyidik Kejari HSU Bawa Kotak Berkas

SuarIndonesia – Digeledah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Telaga Silaba Amuntai Selatan dan penyidik Kejari HSU bawa kotak berisi berkas, Senin (19/12/2022).

Ada dua buah kotak berisi berkas diperiksa dan dibawa pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Penggeladahan dalam rangka proses penyidikan kasus uang nasabah yang diduga di salah digunakan oleh oknum mantan karyawan BPR tersebut.

Penyidik dipimpin Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Fadli Harbi SH Skn bersama dengan penyidik Kejari kurang lebih satu jam melakukan pemeriksaan sejumlah berkas berupa dokumen tabungan dengan disaksikan sejumlah karyawan BPR.

Kepala Kejari HSU melalui Agustiawan Umar SH MH melalui Kasi Pidsus menjelaskan BPR sudah ganti uang nasabah sehingga akibat perbuatan ini menimbulkan kerugian negara yang sekitar Rp 1,2 miliar.

Tindakan yang diduga dilakukan yaitu mulai tahun 2017 oleh oknum tersebut dengan melakukan penarikan tabungan nasabah dengan menggunakan slip penarikan yang diduga dipalsukan.

Uang yang disetorkan nasabah diduga tidak dilakukan pencatatan pada pembukuan bank

“Jadi ada sebagian yang tidak disetorkan ke rekening nasabah.
Dan ada juga yang dilakukan penarikan,” terangnya.

“Sekitar 300 juta dilakukan jemput bola menabung kepada nasabah.
Namun tidak dilakukan pencatatan ke buku rekening,” ujar Fadly. (*ZI)

 

 3,319 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!