DIBONGKAR Polda Kalsel Transaksi Sisik Trenggiling, Ada Dugaan Bahan Dasar Pembuatan Sabu dan Kosmetik

DIBONGKAR Polda Kalsel Transaksi Sisik Trenggiling, Ada Dugaan Bahan Dasar Pembuatan Sabu dan Kosmetik

Suarindonesia – Ini dia, Sisik Trenggiling, bagian tubuh satwa dilindungi ini, marak diperdagangkan diduga dipakai sebagai bahan dasar pembuatan narkotika jenis sabu-sabu dan kosmetik.

Trenggiling liar itu diburu dan kemudian dibunuh. Setelah mati baru dicabut sisik-sisiknya satu persatu.

Untuk wilayah hukum Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) dari keterangan, Jumat (11/10) ada berhasil diungkap jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus), Kamis (10/10).

Dari berbagai sumber, diketahui kalau kegunaan atau fungsi dari sisik trenggiling ini diindikasikan sebagai salah satu bahan dasar dari psikotropika jenis shabu.

Kemudian kegunananya sebagai bahan dasar kosmetik, obat-obatan dan juga sebagai bahan dasar celana jeans, hingga saat ini banyak diburu dan diperjualbelikan.

“Iya itu di Dit Reskrimsus ada mengamankan tersangka serta barang bukti sisik trenggiling,” kata Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Yazid Fanani, kepada wartawan, usai salat Jumat.

Ia katakan, kalau hewan dilindungi ini terus diburu dan diperjualbelikan akan bisa habis atau punah dan merugikan bagi lingkungan alam.

“Kita akan terus awasi dan tindak. Beberapa waktu lalu juga telah dilakukan penindakan hukum yang jual dan pelihari hewan-hewan dilindungi,” ujar kapolda. (ZI)

 781 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!