COVID-19 Mengintai, Giliran Masjid Jami Disemprot Disinfektan

COVID-19 Mengintai, Giliran Masjid Jami Disemprot Disinfektan

SuarIndonesia – Penyemprotan disinfektan terus dilakukan oleh berbagai pihak, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 yang semakin mengkhawatirkan.

Seperti hari ini, petugas gabungan dari Kodim 1007 Banjarmasin, Dinas Kesehatan dan BPBD Kota Banjarmasin, KNPI Banjarmasin dan sejumlah relawan dari pemadan kebakaran, melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Jami, Sungai Jingah, Banjarmasin, Kamis (26/03/2020) siang.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, hari ini penyemprotan dilakukan di Masjid Jami dan rumah-rumah warga di sekitar masjid, termasuk di area majelis ta’lim KH Zuhdiannoor (Guru Zuhdi)

“Kita berkolaborasi untuk bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan untuk menghambat dan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Dan mudah-mudahan upaya ini terus menerus dapat dilakukan,” katanya.

Menurut Ibnu, ini adalah hari ke-3 dalam pelaksanaannya dan sesuai dengan arahan Presiden RI dan Gubernur Kalsel. Dalam kegiatan seperti ini, lanjutnya, tentu partisipasi masyarakat sangat kita butuhkan.

“Semua pihak harus bahu membahu. Kita lihat para alim ulama dan tokoh masyarakat sudah bersatu untuk bersama menghadapi pandemi ini,” ujarnya.

Ia juga mengimbau, untuk menjaga kesehatan dan berperilaku hidup bersih, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta menerapkan social distancing (menghindari keramaian) dan phsycal distancing (jaga jarak secara fisik).

“Kami berharap, masyarakat jangan menunggu pemerintah turun dulu, tapi aktif berpartisipasi secara swadaya masyarakat. Dan, itu harus ditingkatkan, sehingga seluruh penjuru Kota Banjarmasin ini, bisa terdesinfektan dengan baik dalam upaya menghambat penyebaran virus corona,” tandas Ibnu.

Sementara, Dandim 1007 Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul menuturkan, penyemprotan disinfektan dari berbagai elemen secara mandiri sudah banyak dilakukan, dan ini harus ditingkatkan.

“Jika perlu, sampai tingkat RT, sehingga secara keseluruan Kota Banjarmasin ini nanti sudah disemprot disinfektan, dengan harapan kita dapat melokalisir penyebaran virus corona,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, aktivitas ini akan terus berlanjut, hingga nanti sampai di tingkat kelurahan, dilanjutkan oleh para Babinsa dan Danramil.

“Harapan kami, masyarakat bisa berpartisipasi secara mandiri. Jika kurang bahan disinfektan, masyarakat bisa datang ke kelurahan, untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan gugus tugas yang ada di Pemko,” pungkasnya. (SU)

 227 total views,  3 views today

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: