YAYASAN MLS Foundation Berikan Anugrah Hak Cipta Karya Lagu (alm) H. Anang Ardiansyah

SuarIndonesia – Yayasan MLS Foundation berikan Anugerah Hak Cipta karya lagu (alm) H. Anang Ardiansyah, setelah pengurusan yang dilakulan Legalize.idn ke Kemenkumham mengeluarkan sertifikat hak cipta.

“semua yg diberikan ini adalah sebagai apresiasi dan penghargaan kepada Alm. H. Anang Ardiansyah semasa hidupnya telah banyak berkarya namun belum sempat mendaftarkan hak ciptanya,” Ucap Pembina MLS Foundation HM. Lutfi Saifuddin, kepada awak media, Minggu (15/1/2023)

Menurut Lutfi pihaknya melakukan pendampingan pendaftaran hak cipta ini bersama Legalize.IDN, yang bergerak pada Peruusahan jasa pengurusan berbagai perijinan termasuk HAKI dan Hak Cipta.

“dikarenakan Alm. H. Anang Ardiansyah sudah meninggal pada beberapa tahun yang lalu, maka proses pendaftaran dan legalitas administrasi kami serahkan kepada Ahli Waris beliau Bpk. H. Riswan,”

Politikus Gerindra Kalsel ini juga mengatakan penghargaan kepada hasil karya seseorang adalah sebuah keharusan, agar tidak ada pihak lain yang mengambil manfaat dari hasil-hasil karya pengarang aslinya.

Sesuai peraturan, bagi Pencipta yang telah meninggal dunia maka tertera dalam sertifikat hak cipta langsung ke ahli waris, namun dalam keterangan terdaftar di Kemenkumham adalah nama asli penciptanya yang telah meninggal dunia tersebut.

Legalize.idn, M.Azmi Saifuddin menyatakan bahwa akan mensosialisasikan pentingnya Hak Cipta dan siap bekerja sama dengan para pencipta karya seni lainnya di Kalimantan Selatan.

“Dikarenakan Alm. H Anang Ardiansyah sudah tiada, maka dari itu untuk menjaga kepemilikan dan hak dari pencipta serta ahli warisnya maka kami melakukan perlindungan Hak Cipta lagu tersebut yang sudah diserahkan kepada ahli waris atau anak kandung yakni H. Riswan,” Katanya

Lanjutnya, setelah sertifikat hak cipta yang keluar dari Kemenkumham, pihak ahli waris mempunyai perlindungan hukum selama 70 tahun kedepan.

“Ini bisa diperpanjang bilamana sampai batas waktu,”

Untuk sementara dari enam buah lagu banjar ciptaan sang maestro yang di usulkan agar mempunyai hak cipta, kali ini baru dua yang keluar sertifikatnya yakni Paris Barantai dan Kambang goyang.

Sedangkan 4 lagu lainnya seperti sanja kuning, kakamban habang, ading bastari, pangeran suriansyah masih dalam proses Kemenkumham.

Adapun untuk lagu lagu lainnya dari ciptaan Anang Ardiansyah rencananya akan juga akan dipatenkan.

Semetara itu, anak kandung atau ahli waris dari (Alm) Anang Ardiansyah, Yakni H. Riswan mengatakan yang dilakukan MLS Foundation seharusnya menjadi contoh bagi pemerintah.

“kita bangga dengan hasil karya yang diperhatikan, dihormati serta yang telah dipatenkan, dan seharusnya pengurusan ini dari pemerintah bukan non pemerintah,” Katanya (HM)

 315 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!