WARGA Tolak Bala dengan Membawa Obor Berkeliling Kampung

WARGA Tolak Bala dengan Membawa Obor Berkeliling Kampung

SuarIndonesia – Memutus mata rantai penyebaran covid 19, tidak hanya dilakukan secara medis, warga ikhtiar berdo’a dengan melakukan tolak bala (ma arak obor) (membawa obor,) berkeliling kampung.

Sambil membawa obor, dengan membaca syair burdah dan berdzikir, warga Desa Lokdalam, Pulantan, Tawia, Angkinang Kandangan Kabupaten HSS (Hulu Sungai Selatan) , antusias berjalan sekitar 5 Km, Minggu (5/9/2021) malam.

Dengan memakai masker, tak hanya laki laki, perempuan dan anak anak pun ikut serta dengan harapan wabah virus yang saat ini masih melanda segera hilang.

“Mudahan wabah ini cepat di angkat Allah SWT dan warga kami terjaga dari marabahaya,” harapan H.Mastur warga setempat

Tolak bala (ma arak obor) ini ujar H.Mastur sebelumnya sudah pernah dilakukan saat dirinya masih kecil di tahun 1949. saat itu wabah cacar melanda kampungnya, dan tahun ini kembali dilakukan.

Adapun dengan membawa obor, sebagai simbol untuk menerangi kampung pada zaman dulu karena tidak ada listrik dan untuk mengusir segala bala.

“Alhamdulillah wabah mereda pada saat itu, dengan dilakukan kembali tolak bala ini semoga covid 19 hilang,” ujarnya

Meski sempat memacetkan jalan, namun lalu lintas bisa berjalan, dibantu PMK Al Kautsar Angkinang dalam pengaturan lalu lintas. (HM)

 224 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: