WALIKOTA IBNU: Kanker Tak Kalah Bahaya dari Covid-19

Bagikan :
WALIKOTA IBNU: Kanker Tak Kalah Bahaya dari Covid-19

SuarIndonesia – Masih mewabahnya Covid-19 di Kota Banjarmasin, tidak menutup mata pemerintah kota untuk tetap memperhatikan penyakit lain yang juga membahayakan kesehatan masyarakatnya.

Salah satu penyakit yang risikonya hampir sama dengan Covid-19 ialah Kanker.

Dalam Peringatan Hari Kanker se Dunia Tahun 2022 yang jatuh setiap tanggal 4 Februari, Pemko Banjarmasin bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin dan TP PKK Kota Banjarmasin, melaksanakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test bagi ibu rumah tangga, guna memeriksa dan mencegah kanker serviks.

Bertempat di Halaman Rumah Sasirangan Kreatif (RSK) Kota Banjarmasin, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengimbau seluruh masyarakat kota seribu sungai untuk menerapkan Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

 

WALIKOTA IBNU Kanker Tak Kalah Bahaya dari Covid-19 (2)

 

“Makanya langkah-langkah yang dilakukan adalah mengajak masyarakat untuk mensukseskan Germas, dengan berolahraga minimal 30 menit sehari, dan menghindari rokok, kemudian juga kebiasaan makan makanan yang bergizi dan seimbang,” imbaunya, pada saat membuka acara tersebut, Kamis (03/02/2022).

Langkah tersebut, menurut pemimpin bumi kayuh baimbai itu, dilakukan untuk menyadarkan masyarakat bahwa ancaman dari penyakit kanker tersebut tidak kalah bahayanya dengan Covid-19, sehingga tetap harus diperhatikan.

Baca Juga :

RSUD ULIN Banjarmasin Hadirkan Terapi Radiasi Kanker

Maka dari itu, diharapkan dengan langkah pemeriksaan yang telah dilaksanakan, dapat menekan jumlah kasus pengidap kanker yang ada di Kota Banjarmasin.

Di samping melakukan Germas, dalam kegiatan yang diikuti oleh Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah dan Hj Hardiyanti itu, H Ibnu Sina juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan guna mengurangi penyebaran kasus Covid-19 di Kota Banjarmasin.(SU)

 273 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.