WAKET KOMISI III DPR-RI Pangeran Khairul Saleh: Calon Kapolri Harus Miliki Rekam Jejak Baik dan Padat Prestasi

WAKET KOMISI III DPR-RI Pangeran Khairul Saleh: Calon Kapolri Harus Miliki Rekam Jejak Baik dan Padat Prestasi
Wakil Ketua Komisi III DPR-RI Pangeran Khairul Saleh.(Foto/Dok.SuarIndonesia)

SuarIndonesia – Wakil.Ketua (Waket) Komisi III DPR-RI Pangeran Khairul Saleh menilai, calon Kepala Polri (Kapolri) harus memiliki memiliki rekam jejak yang baik, padat prestasi dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang sudah tidak diragukan lagi.

Hal itu dikatakan Pangeran Khairul Saleh kepada SuarIndonesia.com, Sabtu (9/1/2021) terkait dengan usulan Kapolri sebagaimana telah disampaikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ke Presiden Republik Indonesia terhadap beberapa nama calon kapolri.

“Terhadap nama-nama yang disebut seluruhnya telah memenuhi persyaratan kepangkatan dan menurut pengamatan kami seluruhnya calon merupakan kader terbaik di kepolisian karena memiliki rekam jejak yang baik, padat prestasi dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang sudah tidak diragukan lagi,” kata legislator asal Kalsel ini.

Menurut Pangeran, prosedur pengangkatan kapolri harus sesuai dengan koridor yang sudah diatur dalam UU No 2 Tahun 2002 tentang kepolisian, di antaranya harus berpangkat bintang tiga dan polisi aktif.

“Akan tetapi siapa yang akan dipilih tergantung kewenangan Presiden RI sebagai user yang sdh tentu memiliki pertimbangan yang lebih ketat lagi, baik dalam hal kerja sama loyalitas yang mampu mendukung kebijakan pemerintah dan kriteria lainnya yang dinilai penting oleh presiden,” kata politikus asal PAN ini.

Pangeran mengatakan, pihaknya dari Komisi III menunggu usulan nama calon kapolri yang diajukan oleh pemerintah untuk selanjutnya dilakukan penilaian fit and proper test.

“Kami berharap siapa pun yang terpilih harus mampu melakukan reformasi di tubuh kepolisian, dan mampu membawa kepolisian ke arah yang lebih baik dan terpercaya, serta menciptakan situasi kamtibmas yang baik dan menjaga motto kepolisian sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,” pungkas mantan Bupati Banjar dua periode ini.(RA)

 535 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: