TARI asal Banjarmasin ‘Hikayat Warisan Sirang’ Tampil di SIPA 2022

SuarIndonesia – Salah satu kesenian daerah Kota Banjarmasin yang menceritakan sejarah wastra nusantara kain sasirangan tampil dalam festival seni budaya bertajuk Solo International Perform Arts (SIPA) Tahun 2022.

Dihelat di Benteng Vastenburg, Kota Surakarta, kesenian tari bernama Hikayat Warisan Sirang dari kota seribu sungai itu tampil bersama beberapa kesenian lain dari berbagai kota di Indonesia dan berbagai negara belahan dunia.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang turut menyaksikan secara langsung dengan didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, berharap masyarakat Kota Surakarta dan sekitarnya, serta penikmat seni lainnya dapat menikmati sajian kesenian dari Kota Banjarmasin tersebut.

TARI asal Banjarmasin 'Hikayat Warisan Sirang' Tampil di SIPA 2022 (2)

“Malam hari ini kita mempersembahkan salah satu seni budaya dan mengangkat wastra nusantara yang sangat berharga bagi kami yaitu kain sasirangan dalam bentuk sajian perform dari para penari dari Banjarmasin akan menampilkan Hikayat Warisan Sirang, selamat menyaksikan,” ucapnya, Kamis (08/09/2022).

Lebih lanjut dikatakan orang nomor satu di bumi kayuh baimbai itu, Pemko Banjarmasin berterima kasih dan mengapresiasi atas pelaksanaan festival yang dapat menjadi ajang untuk membangkitkan rasa kepedulian terhadap warisan seni dan budaya yang dimiliki.

“Pemerintah Kota Banjarmasin merasa tersanjung, merasa mendapatkan tempat yang luar biasa pada malam hari ini juga bisa ikut berpartisipasi dalam SIPA 2022, dan ini adalah warisan budaya yang harus kita hargai bersama-sama,” lanjutnya.

TARI asal Banjarmasin 'Hikayat Warisan Sirang' Tampil di SIPA 2022 (3)

Dari informasi terhimpun, pada pelaksanaan SIPA Tahun 2022 kali ini, sedikitnya ada sebelas negara dari berbagai benua yang turut berpartisipasi, di antaranya Indonesia, Australia, Brasil, Prancis, India, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, Spanyol dan Turki.

Bila tak ada aral pada tahun 2023 mendatang, Kota Banjarmasin juga akan menyelenggarakan pentas kesenian serupa dengan tajuk Banjarmasin International Performing Arts.(SU)

 233 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!